Ngaji keris

Ngaji keris

diposting 07 April 2017 by Admin

Budaya merupakan peninggalan pendahulu kita yang harus kita jaga dan lestarikan. Nilai – nilai hidup, tata krama yang terkandung dalam budaya ini yang memberikan identitas siapa kita. Ketika kita sudah tidak lagi peduli dengan budaya sendiri itu berarti kita sudah kehilangan identitas diri. Dari paradigma itu Hamzah Batik menyadari bagaimana pentingnya melestarikan budaya. Bekerja sama dengan komunitas pelestari budaya menjadi jalan hamzah batik untuk peduli dan melestarikan budaya Yogyakarta.

Salah satu kegiatan yang baru saja diselenggarakan oleh hamzah batik dalam rangka melestarikan budaya yaitu menggandeng para pecinta keris. Komunitas yang dilibatkan dalam acara ini adalah komunitas besar di Yogyakarta yaitu PAMETRI WIJI dan MERTI KARTA. Mereka berkumpul dan membahas segala macam tentang keris dengan tajuk “  Hamzah Batik Ngaji Keris”.  Acara ini diselenggarakan pada Minggu, 23 Oktober 2016 yang bertempat di Hamzah Batik Lantai 3 Raminten 3 Resto. Mengapa keris? Keris merupakan peninggalan budaya takbenda yang diakui UNESCO yang dianggap merupakan karya agung manusia yang di dalamnya mengandung unsur nilai-nilai suatu bangsa.

Dalam acara Hamzah Batik Ngaji Keris mengundang pakar keris sekaligus sebagai pembicara yaitu RM. Puspodiningrat. Dalam pertemuan itu ada beberapa hal yang dibahas antara lain tata cara jamasan, simbolisme dalam jamasan, pentingnya jamasan dalam tradisi jawa, dan ditutup dengan bahasan menghidupkan tradisi jamasan di era modernisasi.

Berita & Acara Terbaru

Ragam Hias Batik (Part 2)
Ragam Hias Batik (Part 2)
diposting 20 Oktober 2017
Dirgahayu Indonesia ke - 72
Dirgahayu Indonesia ke - 72
diposting 24 Agustus 2017
Ragam Hias Batik (Part 1)
Ragam Hias Batik (Part 1)
diposting 13 Juni 2017
Sejarah Batik
Sejarah Batik
diposting 13 Mei 2017
Raminten Cup IV
Raminten Cup IV
diposting 20 Oktober 2017
Seribu Setiap Sabtu
Seribu Setiap Sabtu
diposting 07 April 2017