Logo Hamzah Batik

4 Mainan Jadul Legendaris, Buat Nostalgia Tambah Manis

4 Mainan Jadul Legendaris, Buat Nostalgia Tambah Manis
4 Mainan Jadul Legendaris, Buat Nostalgia Tambah Manis

Siapa sangka mainan jadul legendaris yang selalu dimainkan sewaktu kecil bisa membawa kenangan yang sangat manis di masa sekarang ini. Saat melihat mainan tersebut, memori dalam diri kita seakan berputar kembali dan mendarat pada masa-masa itu. Kebahagiaan sederhana yang masih diingat ketika bertemu dengan teman-teman dan bermain bersama setelah pulang sekolah, menjadi cerita yang tak ingin dilupakan.

Beberapa Mainan Jadul Legendaris di Indonesia

  • Congklak atau Dakon

Congklak atau dakon merupakan permainan tradisional yang sangat legendaris di Indonesia. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua pemain dengan papan khusus yang terdiri dari dua belas lubang kecil dan sejumlah "biji congklak" atau "biji dakon."

Permainan dimulai dengan mengisi 1 biji congklak pada setiap lubang congklak. Pemain lalu bergantian mengambil biji congklak dari salah satu lubang di papan dan menyebar biji tersebut secara searah jarum jam ke lubang-lubang berikutnya.

Jika pemain menempatkan biji terakhir mereka di salah satu lubang yang berisi biji, mereka dapat mengambil semua biji dalam lubang tersebut dan meletakkannya di samping papan sebagai poin mereka.

Tujuan utama dalam mainan jadul legendaris congklak/dakon ini adalah mengumpulkan lebih banyak biji daripada lawan. Pemain yang memiliki biji paling banyak saat semua lubang kosong adalah pemenangnya.

  • Cublak-Cublak Suweng

Cublak-cublak suweng merupakan permainan yang diiringi dengan lagu Jawa. Awal permainan ditentukan dengan memilih siapa yang berperan menjadi Pak Empong. Lalu orang yang terpilih ini akan berbaring telungkup. Sedangkan, anak-anak lain akan duduk mengitari Pak Empong.

Setelahnya semua anak akan meletakkan telapak tangan mereka di punggung Pak Empong dengan posisi mengadah. Sembari bernyanyi, salah satu dari mereka akan mengoper biji atau kerikil ke telapak tangan teman-teman yang lain.

Saat sudah sampai pada lirik ‘sopo ngguyu ndhelikake’, maka siapapun yang mendapatkan biji atau kerikil tersebut harus menyembunyikannya. Dan pada akhir lagu, semua telapak tangan anak harus berada dalam posisi menggenggam sehingga Pak Empong harus menebak di mana biji atau kerikil disembunyikan. Jika benar, maka anak tersebut harus bergantian menjadi Pak Empong.

  • Ketapel

Mainan Jadul Legendaris selanjutnya adalah ketapel yang merupakan permainan yang melibatkan alat yang disebut ketapel untuk melemparkan benda kecil seperti batu ke arah sasaran. Ketapel adalah alat yang terdiri dari dua batang kayu atau plastik yang diikat bersama dengan seutas tali atau karet elastis. Lalu benda kecil tersebut ditempatkan dalam tali ketapel untuk ditarik mundur dan dilepaskan agar menghasilkan tekanan dan sampai pada sasaran yang dituju.

  • Gasing

Permainan gasing adalah mainan yang terbuat dari kayu atau bambu yang diukir dan dibentuk hingga menjadi bagian badan gasing. Gasing memiliki beragam bentuk, tergantung daerahnya. Ada yang bulat lonjong, ada yang berbentuk seperti jantung, kerucut, silinder, juga ada yang berbentuk seperti piring terbang.

Gasing terdiri dari bagian kepala, bagian badan dan bagian kaki. Namun, bentuk, ukuran dan bagian gasing berbeda-beda menurut daerah masing-masing. 

Gasing ini dimainkan dengan cara melilitkan tali ke leher gasing, lalu ayunkan gasing tersebut ke arah tanah atau ke tempat arena dan lepaskan tali dengan cepat. Dengan begini maka gasing akan berputar sesuai dengan tekanan yang diberikan pada gasing serta keseimbangan yang berasal dari permukaan tanah dengan kaki gasing. Pemenang dalam permainan ini adalah gasing mana yang mampu berputar paling lama. 

Temui Mainan Jadul Legendaris di Hamzah Batik

Kini Mainan Jadul Legendaris dapat ditemui di Toko Hamzah Batik. Informasi lengkap mengenai Pusat Oleh-Oleh di Jogja dapat anda akses di Instagram @hamzahbatikofficial dan website resmi hamzahbatik.co.id.

Untuk pemesanan tiket, khusus pertunjukan seni Sendratari Sang Hanoman dan Raminten Cabaret Show bisa dipesan online melalui desty.page/hamzahbatikofficial atau bisa menghubungi 08112544239 atau 08112544245.

Hamzah Batik Malioboro buka setiap hari pukul 07.00-24.00 WIB ini hadir sebagai pusat oleh-oleh di Jogja. Juga sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa. Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan.

Puas belanja di pusat oleh-oleh di Jogja, dimana lagi kalau bukan di Hamzah Batik Malioboro. Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro.

#pusatoleholehdijogja #jualoleholehJogjalengkap #oleholehdijogjalengkap #oleholehdijogja #pusatoleholehjogja #hamzahbatikpusatoleholehdijogja #pusatoleholehterlengkap

Berita lainnya
crossmenu