Logo Hamzah Batik

7 Fakta Unik Cangkir Blirik yang Perlu Anda Ketahui

Teko blirik atau yang sering mendapat julukan teko loreng memiliki motif hijau putih seperti seragam militer. Salah satu fakta unik cangkir blirik yang pernah populer di tahun 1960-an tersebut, kini sudah jarang terlihat.

Anda hanya akan menemukannya di rumah kakek dan nenek atau sebagai kenang-kenangan untuk minum kopi atau teh. Meski sebagai produk lama, fakta unik cangkir blirik masih sangat diminati hingga sekarang.

Pada dasarnya untuk bentuk teko blirik sama seperti bentuk teko pada umumnya, hanya saja memiliki warna dan motif yang khas. Begitu juga dengan penutupnya juga memiliki warna yang senada. Fakta unik cangkir blirik inilah yang menjadi daya tarik para penikmat kopi dan teh.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini teko blirik dinilai sebagai salah satu barang vintage. Fakta unik cangkir blirik, meski mulai ditinggalkan tapi di sisi lain masih sangat diburu karena sudah dianggap sebagai barang langka.

Fakta Unik Cangkir Blirik yang Wajib Anda Tahu

Fakta unik cangkir blirik memang selalu identik dengan sejarah panjangnya. Bahkan sudah ada sejak zaman perjuangan masyarakat dulu, teko blirik masih memiliki penggemar sampai sekarang.

Ada fakta menarik terkait dengan cangkir blirik yang wajib Anda tahu, antara lain :

  1. Motifnya yang Ikonik

Cangkir blirik memiliki keunikan yang khas, motifnya yang didominasi warna hijau dan putih tidak dimiliki produk lain yang sejenis. Jika ditelusuri lebih jauh, blirik memiliki arti lurik yang mirip sekali dengan pakaian adat abdi keraton Jawa dengan arah vertikal.

Meski pemakaiannya dimulai setelah Perang Diponegoro pada tahun 1830. Teko blirik menjadi primadona di kalangan masyarakat pada tahun 1960-an. Namun keberadaannya mulai bergeser pada tahun 1990-an yang diganti dengan produk plastik.

Anda mungkin tidak akan menemui produk ini di semua wilayah, namun cangkir blirik akan mudah ditemukan sebagai pajangan rumah klasik atau di museum sejarah untuk daerah tertentu misalnya di kawasan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

  1. Berawal dari Tea Set Khas Eropa

Kebiasaan minum teh atau kopi masyarakat Indonesia sudah ada sejak zaman dulu. Aktivitas ini biasanya dilakukan selepas pulang dari sawah atau ladang. Selain kendi, biasanya teko blirik menjadi pilihan utama karena bahannya yang ringan dan tahan lama. Sehingga dipercaya mampu membuat minuman untuk tetap hangat.

Budaya tersebut dikembangkan Belanda saat menduduki Indonesia selama berabad-abad. Awalnya, teko blirik beredar di pasaran dalam bentuk satu set yang berupa cangkir, teko, tutup, dan tatakannya. Namun, seiring perkembangan zaman pembuatannya pun dilakukan secara terpisah.

  1. Simbol Perjuangan Kaum Buruh

Penggunaan cangkir blirik memang terkesan mewah, namun sebenarnya merupakan simbol perjuangan kaum buruh serta petani. Cangkir blirik sering digunakan oleh kalangan perkebunan, terutama para buruh. Alasan inilah yang membuat produk ini menyimpan cerita panjang dan kenangan.

Cangkir blirik menjadi simbol perjuangan para buruh, karena pada tahun 1921 terjadi demo di Semarang sebagai bentuk perlawanan atas pemerintahan Hindia Belanda. Nilai historical inilah yang membuat teko blirik masih banyak digunakan sampai sekarang walaupun terlihat jadul.

  1.  Harga Ramah di Kantong

Anda bisa dengan mudah mendapatkan cangkir blirik di toko perkakas rumah tangga, walaupun tidak semuanya menyediakan. Anda bisa membelinya di toko Hamzah Batik Malioboro Yogyakarta. Selain warna hijau putih, saat ini juga tersedia varian lain yaitu biru putih, dan merah putih.

Harga cangkir blirik cukup bervariatif, Anda bisa mendapatkannya dengan menyediakan budget sebesar Rp. 35.000 – Rp. 50.000, menyesuaikan ukuran, kualitas serta tingkat ketebalannya. Cangkir blirik disediakan lengkap dengan penutupnya, agar minuman aman dari debu, kotoran dan semut.

  1. Produk Vintage yang Sedang Tren

Keberadaannya yang sudah sejak lama, membuat masyarakat menjulukinya dengan produk jadul. Bahkan sampai saat ini cangkir blirik masih menjadi hits. Terlebih lagi saat foto Presiden Joko Widodo sedang menyeruput kopi menggunakan teko dan cangkir menjadi viral di internet.

Bahannya yang tahan panas membuat cangkir blirik diidentikkan dengan minuman hangat. Pegangan pada teko blirik memudahkan Anda saat menggunakannya. Meski terbuat dari seng, cangkir blirik sangat ringan serta aman dibawa bepergian baik untuk jarak jauh maupun dekat.

  1. Bahan Dasar Seng yang Ringan

Bahan cangkir blirik yang terbuat dari seng dilapisi dengan enamel agar tahan lama dan tidak mudah berkarat. Pemilihan bahan ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pengendapan zat kimia berbahaya dalam tubuh. Sehingga akan lebih aman digunakan dalam jangka panjang.

  1. Mudah Ditemukan di Jogja

Sebagai produk yang unik, Anda akan mudah untuk mendapatkan cangkir blirik di daerah Jogja dan Solo. Selain di toko perkakas rumah tangga, Anda akan sering melihatnya juga di angkringan. 

Walaupun termasuk produk lama, teko dan cangkir blirik akan melengkapi tempat nongkrong yang terdapat fasilitas wifi. Pemiliknya akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dengan membuat konsepnya yang kekinian.

Nah, menarik sekali bukan mengetahui fakta unik cangkir blirik? Pastikan produk ini menjadi salah satu barang yang Anda cari ketika berkunjung ke Jogja atau Solo. Nikmati kesegaran kopi dan teh Anda dengan menggunakan teko blirik.

Cangkir Blirik Bisa Dibeli di Hamzah Batik Malioboro

Hamzah Batik Malioboro buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 00:00 wib, hadir sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja. Hamzah Batik tidak hanya sekadar toko batik dan oleh-oleh melainkan sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan.

Hamzah Batik sebagai pusat oleh-oleh khas Yogyakarta, menyediakan aneka oleh-oleh jadul dan kekinian, pernak pernik khas Jawa salah satunya teko dan cangkir blirik. Hamzah Batik juga menyediakan fasilitas Belajar Batik Asik yang bisa diikuti semua kalangan usia.

Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro. Apalagi selama Januari 2023 ini sedang berlangsung promo belanja menarik.

Anda juga bisa melakukan belanja online produk Hamzah Batik melalui shop.hamzahbatik.co.id atau menghubungi ke nomor 08112544239 – 08112544245.***

(/TAW.)

Berita lainnya
crossmenu