Logo Hamzah Batik

Daster Batik Khas Jogja, Ini Tips Membelinya Jangan Sampai Menyesal Kemudian

Daster batik khas Jogja sudah seperti oleh-oleh yang wajib dibeli jika mengunjungi kota Gudeg. Bisa dibilang, daster batik menjadi salah satu ikonnya kota tersebut. Walaupun ada beberapa jenis produk lain yang menjadi ciri khas.

Namun, daster batik khas Jogja menjadi salah satu produk yang tak pernah luput untuk disebutkan. Seperti pepatah yang mengatakan, belum ke Jogja kalau belum membeli daster batik.

Meskipun batik sendiri terdiri dari beberapa macam, namun daster selalu menjadi pilihan yang paling dicari. Bukan hanya karena harganya saja yang murah, daster batik khas Jogja sendiri juga selalu mengalami perkembangan baik dalam bentuk corak maupun model.

Sekarang ini daster batik khas Jogja tidak hanya dipakai orangtua saja. Modelnya yang beragam dan selalu update membuat batik juga digemari anak-anak muda.

Tidak hanya digunakan di rumah saja, model daster atau baju tidur pun mengalami perkembangan yang bisa digunakan untuk aktivitas keluar rumah.  

Ada banyak sekali tempat yang bisa menjadi referensi untuk membeli daster batik khas Jogja. Tidak hanya jenis dan bahannya yang beragam, jika mengunjungi Hamzah Batik, Anda akan harga yang bervariasi pula.

Tips Membeli Daster Batik Khas Jogja

Ketika Anda memakai daster di rumah, bukan berarti tidak bisa tampil cantik. Sekarang ini sudah banyak jenis daster kekinian dengan model lengan panjang maupun lengan pendek. Jenis ukurannya pun juga beragam, mulai dari allsize sampai jumbo.

Ada beberapa tips membeli daster batik khas Jogja yang perlu Anda pahami sebelum membelinya, antara lain:

  1. Mengetahui Kualitas Batik

Sebelum mengenali kualitasnya, Anda perlu mengenali jenis batik yang terdiri dari batik tulis, batik cap hingga lukis. Khusus untuk jenis batik tulis, Anda harus bisa mengenali keasliannya. Anda perlu memeriksa aroma batik dan memperhatikan motifnya.

Batik tulis yang asli, terbuat dari malam, lilin cair atau wax. Aroma khas dari malam bisa menjadi penentu keaslian batik. Selain itu juga memiliki aroma seperti minyak tanah. Aroma ini muncul karena ada proses pelepasan lilin malam saat direndam dalam pewarna.

Batik tulis asli yang dibuat menggunakan canting biasanya tidak sempurna. Berbeda dengan batik cap yang tampak rapi, sempurna dan tanpa cacat. Jika mengenakannya, maka Anda akan tampak lebih berkelas.

  1. Cek Perbandingan Harga

Produk yang dijual di Hamzah Batik biasanya telah melalui proses quality control yang ketat. Sehingga Anda tidak perlu meragukan lagi keasliannya. Baik batik tulis maupun baik cap hanya yang memiliki kualitas terbaik saja dijual di sana. Sedangkan untuk harganya pun cukup ramah di kantong dengan kualitas yang tetap terjaga.

  1. Pelayanan yang Ramah dan Sabar

Ada berbagai jenis batik yang dijual di Hamzah Batik. Sebagai konsumen, Anda akan lebih mudah mendapatkan jenis batik sesuai kebutuhan dengan kualitas tinggi. Pedagang yang ramah dan sabar dapat memberikan kenyamanan dalam memilih dan menyeleksi produk yang akan dibeli.

  1. Produk atau Barang Dagangannya Lengkap

Hamzah Batik menyediakan berbagai jenis batik yang lengkap. Tidak hanya daster batik khas Jogja saja, di sana juga tersedia jenis batik lain seperti blus, rok, kemeja, serta batik yang digunakan untuk acara resmi seperti pernikahan dan lainnya.

Harapannya dengan menyediakan produk yang lengkap, maka Anda menjadi lebih mudah menemukan jenis batik yang diinginkan hanya dengan mengunjungi Hamzah Batik saja.

  1. Harga Bandrol

Berbeda dengan penjualan batik di tempat lain, harga yang sudah dibandrol Hamzah Batik merupakan harga pas maka Anda tidak diperkenankan untuk menawar. Tapi Anda tidak perlu khawatir, harga batik di sana masih ramah di kantong dengan kualitas produk yang bagus.

  1. Berkunjung di Pagi Hari

Apabila Anda ingin mendapatkan keleluasaan dalam berbelanja, disarankan untuk datang di pagi hari. Saat toko belum dikunjungi banyak orang, maka pelayan akan memiliki banyak waktu untuk membantu Anda dalam memilih barang.

  1. Gunakanlah Bahasa Jawa

Anda bisa menggunakan Bahasa Jawa jika bicara atau menawar batik. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa menggunakan Bahasa Jawa halus. Maka pelayan akan mengira Anda berasal dari kota setempat dan menganggap Anda masih satu rumpun. 

Mungkin Anda tidak akan mendapatkan keuntungannya secara langsung, tapi setidaknya Anda bisa lebih nyaman berbelanja. Jika beruntung, Anda akan mendapatkan potongan diskon jika berbelanja dalam jumlah banyak atau mendapatkan rekomendasi batik yang cocok untuk Anda gunakan.

Mudah untuk dipraktekkan bukan, tips membeli daster batik khas Jogja? Jika kesulitan untuk mempraktekkan semuanya, setidaknya Anda bisa mencoba tips yang dikuasai untuk membuktikannya.

Segera rencanakan liburan Anda untuk berwisata dan berbelanja di Hamzah Batik, tempat menjual batik terlengkap di Jogja.

Hamzah Batik Tempat Belanja Batik dan Oleh-oleh Sekaligus Pusat Aksi Atraksi Budaya Jawa

Hamzah Batik Malioboro buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 00:00 wib, hadir sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja. Hamzah Batik tidak hanya sekadar toko batik dan oleh-oleh melainkan sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan.

Hamzah Batik sebagai pusat oleh-oleh khas Yogyakarta, menyediakan aneka oleh-oleh jadul dan kekinian, pernak pernik khas Jawa salah satunya teko dan cangkir blirik. Hamzah Batik juga menyediakan fasilitas Belajar Batik Asik yang bisa diikuti semua kalangan usia.

Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro. Apalagi selama Januari 2023 ini sedang berlangsung promo belanja menarik.

Anda juga bisa melakukan belanja online produk Hamzah Batik melalui shop.hamzahbatik.co.id atau menghubungi ke nomor 08112544239 – 08112544245.***

(/TAW.)

Berita lainnya
crossmenu