Logo Hamzah Batik

Serunya Festival Dolanan Anak di Sabtu Kliwon Hamzah Batik

Festival Dolanan Anak kembali digelar pada wisata berbudaya Hamzah Batik “Sabtu Kliwon”.

Tujuan digelarnya kembali festival dolanan anak ini karena pada bulan Juli ini bertepatan dengan liburan sekolah.

Sehingga adanya festival dolanan anak di Sabtu Kliwon Hamzah Batik ini tidak hanya sebagai tujuan wisata berupa jalan-jalan dan belanja saja, namun juga sebagai wisata edukasi dan budaya untuk anak-anak.

Wisata berbudaya Hamzah Batik Sabtu Kliwon yang kali ini jatuh pada tanggal 8 Juli 2023 kemarin ini dihadiri ratusan pengunjung yang begitu antusias mengikuti serangkaian acara.

Festival Dolanan Anak di Sabtu Kliwon, Ada Apa Saja?

Sesuai dengan tema yang diusung yaitu Festival Dolanan Anak, Hamzah Batik menampilkan sejumlah permainan tradisional anak yang saat ini sudah sangat jarang dimainkan.

Yaitu, permainan egrang, bakiak, pletokan dan jemparingan yang dapat dimainkan langsung oleh setiap pengunjung yang datang di gelaran Sabtu Kliwon Hamzah Batik.

Tidak hanya anak-anak yang tertarik untuk memainkannya, melainkan orang dewasa pun tertarik untuk memainkannya. Selain penasaran ada pula yang bernostalgia mengenang masa kecilnya.

Sabtu Kliwon yang menyajikan serangkaian pertunjukan seni dan budaya ini dimulai pada pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Seperti biasa, gelaran wisata berbudaya Hamzah Batik ‘Sabtu Kliwon’ ini diselenggarakan di pelataran Hamzah Batik Malioboro. Yaitu di Jl. Margo Mulyo tepatnya di sisi barat trotoar Malioboro.

Setiap wisatawan yang melintas pun penasaran dan turut antusias memainkan deretan mainan jadul yang disediakan. Meski beberapa mereka nampak kesulitan dalam memainkannya.

Hamzah Batik menginisiasi Festival Dolanan Anak Djadoel untuk kembali mengunggah semangat para pelancong untuk memainkan permainan tradisional.

Para wisatawan berbagai usia nampak sangat antusias dalam memeriahkan lomba. Salah satunya lomba bakiak yang digelar secara berkelompok, yaitu dua sampai tiga orang.

Terlebih wisatawan yang berusia lanjut itu nampak begitu senang dan serasa bernostalgia bermain aneka mainan tradisional tersebut.

Festival Dolanan Anak ini bertujuan pelestarian terhadap permainan tradisional yang saat ini mulai tergerus zaman yang serba digital.

Meski demikian, di daerah masih terdapat anak-anak yang tertarik dengan bermain egrang, bakiak, dan gasing meski jumlahnya tidak sebanyak dulu. Karena anak zaman sekarang lebih tertarik bermain gadget atau gawai.

Diharapkan dengan adanya acara ini, wisatawan khususnya anak-anak mengenal permainan tradisional yang dahulu mungkin dimainkan oleh orang tua mereka.

Untuk memainkan permainan tradisional tersebut dibutuhkan keterampilan khusus, meski pada awalnya dibutuhkan penyesuaian dan ketelatenan.

Misalnya saja dalam permainan egrang yang dibutuhkan penyeimbang diri atau bakiak yang menuntut satu kesatuan irama langkah dengan rekan satu tim.

Ragam Pertunjukan Seni dan Budaya Ditampilkan

Tidak hanya menyajikan ragam permainan tradisional, di Sabtu Kliwon kemarin juga menyajikan serangkaian pertunjukan seni, di antaranya;

● Live Angklung Malioboro @angklungsatriajogja
● Free Edukasi Batik Asik
● Free Jamu Gendong Raminten
● Free Edukasi Bersama UMKM : Edukasi Kertas Daur Ulang, Dolanan Anak Djadoel & Jemparingan oleh Paseduluruan Jemparingan Langen Astro Yogyakarta
● Donor Darah bersama PMI
● Prosesi Bancaan Tumpeng
● Challange : Bakiak, Pletokan, Egrang, Jamu Bratawali
● Perform Tari & Flashmob : Tari Batok Ela-elo & Tari Ingkling oleh @sanggar_langgeng_budoyo, Tari Hamzah Batik & Tari Jamu Gendong Raminten

Dengan demikian, Hamzah Batik terus berkomitmen untuk turut berupaya melestarikan budaya lokal, khususnya permainan anak di Yogyakarta.

Dengan adanya Festival Dolanan Anak ini diharapkan akan semakin banyak anak-anak tertarik dengan permainan dan kesenian tradisional serta tergerak mempertahankan dolanan atau mainan di tengah era modernisasi.

Selain itu dalam terselenggaranya Festival Dolanan Anak, dapat mengembangkan nilai positif yang ada diberbagai jenis permainan tradisional khususnya yang diperuntukkan untuk anak-anak.

Sehingga memberikan ruang bermain anak, agar tidak terbatas hanya dengan bermain gawai.

Dolanan anak tradisional, tentunya dapat memunculkan kebersamaan, kerukunan, dan kerjasama antar anak.

Anak dilatih untuk bersosialiasi juga mengenal berbagai macam permainan tradisional yang dapat dimainkan di waktu senggang bersama teman-temannya. Melatih kerjasama sesama anak muncul, dan secara tidak langsung belajar bersosialisasi.

Tempat Wisata Belanja Berbasis Budaya Jawa

Hamzah Batik terus berkomitmen dalam memberikan suguhan dan pengenalan budaya asli Yogyakarta pada wisatawan domestik bahkan mancanegara yang digelar terus menerus.

Dengan demikian, akan semakin mampu dalam upaya memperkuat identitas Yogyakarta sebagai kota budaya.

Hamzah Batik Malioboro buka mulai pukul 07.00 hingga 24.00 WIB ini, mengajak wisatawan tidak hanya sekadar berwisata belanja, tetapi juga belajar budaya Jawa.

Setiap hari bahkan setiap bulannya Hamzah Batik Malioboro memiliki jadwal rutin untuk menggelar ragam aksi atraksi pertunjukan seni di dalam Gedung maupun di pelataran Gedung Hamzah Batik Malioboro.

Ragam pertunjukan seni yang dapat disaksikan Juli 2023 ini di antaranya; Raminten Cabaret Show, Tari Klasik Jogja, Caos Dhahar, Sabtu Kliwon, Live Musik Sitter, dan lain sebagainya.

Anda pun tidak perlu bingung lagi mencari hiburan yang mengesankan selama berlibur di Jogja. Karena cukup datang di Hamzah Batik Malioboro dan akan mendapatkan ragam wisata dalam satu tempat.

Informasi lengkap dan ter-update jadwal pertunjukan seni Hamzah Batik Malioboro, bisa dengan mem-follow Instagram @hamzahbatikofficial.

Untuk pemesanan tiket, khusus pertunjukan seni Sendratari Sang Hanoman dan Raminten Cabaret Show bisa dipesan online melalui 08112544239 – 08112544245.

Hamzah Batik Malioboro hadir sebagai pusat oleh-oleh di Jogja terlengkap. Juga sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan.

Puas berwisata budaya yang mengedukasi dengan sajian Festival Dolanan Anak di Sabtu Klwion, puas juga belanja oleh-oleh, karena ada banyak promo belanja menarik selama Juli 2023, dimana lagi kalau bukan di Hamzah Batik Malioboro. Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro.***

/taw.

Berita lainnya
crossmenu