Logo Hamzah Batik

Membuat Batik Tulis? Yuk Kenali Dulu Alat dan Bahan Apa Saja yang Digunakan

membuat batik tulis, kenali alat dan bahannya.
Mengenali alat dan bahan dalam membuat batik tulis, sebagai upaya melestarikan salah satu budaya Indonesia. (Rizky Rafael/pexels.com/)

Membuat batik tulis dikenal memiliki proses panjang dan cukup rumit, oleh karena itu batik tulis memiliki nilai jual yang tinggi dibanding jenis batik lainnya.

Proses membuat batik tulis tentunya dilakukan secara manual, yaitu membuat motif batik langsung pada kain dengan cara ditulis.

Karena proses membuat batik tulis secara manual justru dapat menghasilkan sebuah karya kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi.

Hal itulah yang membedakan proses membuat batik tulis dengan jenis batik lainnya, yaitu diprint maupun dicap.

Meski memiliki proses pembuatan yang cukup sulit dan panjang, namun banyak orang yang ingin bisa membuat batik tulis.

Selain memiliki nilai jual yang tinggi, sebagai orang Indonesia juga memiliki kewajiban untuk melestarikan salah satu kebudayaan dan kekayaan milik Indonesia yang juga termasuk dalam wastra Nusantara ini.

Ragam cara untuk turut melestarikan batik tulis, selain membuat, juga bisa mengenakan pakaian batik tulis di setiap acara, membeli, mengapresiasi, mempelajarinya dan mengenalkannya ke seluruh halayak lebih luas lagi.

Selain itu dalam merawat batik tulis juga memiliki perlakuan khusus. Simak ulasan lengkap tentang bagaimana merawat batik tulis agar warna dan kain tetap awet di website ini dengan judul tips merawat batik tulis.

Alat dan Bahan Dalam Membuat Batik Tulis

Sebelum memahami teknik proses pembuatan batik tulis, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu alat dan bahan yang digunakan dalam membuat batik tulis, di antaranya:

  • Kain Mori

Kain mori memiliki banyak jenisnya, pilihlah yang biasa dahulu sebagai latihan membatik bagi pemula.

Kain mori ini selain harganya yang terjangkau juga mudah diperoleh di toko-toko kain kebanyakan.

Namun jenis kain sutra atau kain katun juga bisa digunakan untuk media membatik tulis.

  • Canting

Canting adalah alat yang digunakan dalam membatik, yaitu untuk mengambil lilin dari dalam  wadah atau cawan kecil.

Lilin atau malam menjadi bahan utama yang digunakan untuk membuat motif pada kain.

Canting tradisional terbuat dari tembaga dan gagangnya dari bambu. Alat ini juga yang menjadi ciri khas dalam proses pembuatan batik tulis.

  • Gawangan

Gawangan ini berbentuk mirip seperti penggantung pakaian. Gawangan umumnya terbuat dari bahan kayu atau bamboo.

Gawangan ini sering dipasang roda agar mudah dipindah tempat. Adapun fungsi dari alat ini adalah menyampirkan atau menjemur kain setelah dibatik.

  • Lilin

Untuk membuat motif batik pada kain dalam membuat batik tulis, caranya yaitu cairkan lilin untuk menjadikannya sebagai motif dengan mencairkannya lalu dilukikskan di kain menggunakan canting.

  • Wajan Kecil dan Kompor

Wajan kecil ini digunakan untuk tempat lilin ketika dicairkan di atas kompor kecil.  Kompor sendiri berfungsi sebagai alat pemanas untuk melelehkan lilin agar mencair dan bisa diaplikasikan ke kain.

  • Larutan Pewarna

Larutan pewarna biasanya digunakan untuk mewarnai kain, dengan tujuan motif yang sudah dibuat akan terlihat lebih jelas.

  • Dingklik

Ketika proses membatik, agar tidak cepat lelah dibutuhkan alat untuk duduk karena proses membatik tulis ini dilakukan dengan duduk.

Tentu proses pembuatan batik tulis berbeda dengan pembuatan batik cap atau printing yang biasa dilakukan perajin dengan berdiri.

Dingklik ini semacam kursi kecil yang terbuat dari kayu, plastik, atau lainnya. Kursi kecil ini membuat nyaman perajin ketika membatik tulis.

  • Taplak

Taplak memiliki fungsi untuk menghindari pengrajin batik dari tetesan lilin di badan mereka. Yang berpotensi mengotori pakaian, tidak hanya itu, taplak juga dapat mengindarkan pebatik dari lilin cair yang panas.

Biasanya taplak diletakkan di atas opaha pengrajin batik, bagian tubuh tersebut adalah tempat yang paling sering terkena tetesan lilin. Dapat dikatakan, taplak adalah celemek bagi para perajin batik.

Segala peralatan untuk membatik bisa dibeli di Hamzah Batik Malioboro. Atau jika ingin wisata sekaligus edukasi tentang batik, Hamzah Batik juga menyediakannya.

Canting menjadi alat khusus dalam proses membuat batik tulis. (John Bastian/pexels.com/)

Edukasi Batik Asik di Hamzah Batik Malioboro

Jika ingin belajar membatik singkat atau mencoba bagaimana membatik tulis, bisa datang langsung ke Hamzah Batik Malioboro. Di sana Anda bisa belajar gratis dan hasilnya bisa dibawa pulang.

Selain bisa belajar langsung bagaimana membatik, juga bisa membeli sebagian peralatan membatik di Hamzah Batik Malioboro.

Ragam batik dalam bentuk fashion lengkap terdapat di sini, mulai dari kain batik, baju, dress untuk dewasa maupun anak-anak, mukena batik, tas, topi, kaos batik, lengkap ada di sini.

Hamzah Batik menjadi tempat one stop shopping oleh-oleh sekaligus menjadi tempat aksi atraksi budaya Jawa. Toko buka mulai pukul 08.00 hingga 24.00 WIB yang bisa dikunjungi setiap hari.

Untuk info ter-update terkait pertunjukan seni di Hamzah Batik Malioboro,  follow Instagram @hamzahbatikofficial dan jika ingin berbelanja online Anda bisa mengikutinya di @shop.hamzahbatik.

Itulah sejumlah alat dan bahan dalam proses membuat batik tulis, semoga menambah wawasan dan menginspirasi untuk melestarikan batik tulis khas Indonesia.***

Berita lainnya
crossmenu