Logo Hamzah Batik

Jadwal Pertunjukan Seni di Jogja Kental Akan Unsur Budaya Jawa

Sendratari Sang Hanoman salah satu pertunjukan seni di Jogja yang hadir setiap Rabu pekan pertama dan pekan ketiga di Hamzah Batik, Malioboro. (IG @hamzahbatikofficial)

Jadwal pertunjukan seni di Jogja selalu dicari setiap wisatawan yang berwisata ke kota Yogyakarta untuk mengobati kerinduan sekaligus nguri-uri kabudayan Jawa.

Namun agar tidak terlewat setiap pertunjukan seni yang digelar, anda harus mencatat jadwal pertunjukan seni di Jogja terlebih dahulu jauh hari sebelum berangkat berwisata ke Yogyakarta.

Setiap berwisata ke Jogja pastinya anda tidak akan rela jika melewatkan hal yang esensial dari Yogyakarta, yaitu jadwal pertunjukan seni di Jogja yang sangat kental akan budaya Jawa.

Jadi, jika anda hendak berwisata ke Jogja, cobalah untuk mencoba pengalaman baru dengan menikmati ragam pertunjukan seni di Jogja. Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar yang sangat kental akan atmosfer kesenian dan kebudayaan Jawanya melalui aneka pertunjukan.

Daftar Jadwal Pertunjukan Seni di Jogja

Berikut daftar sekaligus jadwal pertunjukan seni di Jogja yang dapat anda saksikan setiap bertandang ke Yogyakarta yang dipersembahkan Hamzah Batik Malioboro:

Tari Klasik Yogyakarta

Tari klasik Yogyakarta biasanya diadakan pada saat ada pagelaran budaya dan acara-acara tertentu lainnya, misalnya acara kerajaan di Keraton Yogyakarta.

Namun, kini anda dapat menyaksikan tari klasik Yogyakarta di lantai 3 Hamzah Batik Malioboro, setiap Minggu, pukul 19.00 WIB.

Pengunjung tidak hanya berbelanja namun, bisa sekaligus belajar budaya. Banyak hal yang perlu anda ketahui termasuk mengenai tari klasik Yogyakarta ini.

Sendratari Sang Hanoman

Jadwal pertunjukan seni di Jogja yang jangan sampai anda lewatkan adalah Sendratari Sang Hanonam Show yang dipentaskan setiap hari Rabu.

Walaupun pertunjukan tidak diadakan setiap hari namun, antusiasme wisatawan terhadap pertunjukan ini sangat tinggi.

Pengunjung dapat menyaksikan setiap hari Rabu pekan pertama dan ketiga, pukul 19.00 hingga 20.30 WIB. Pertunjukan sendratari Sang Hanoman ini diselenggarakan di lantai 3 Hamzah Batik, Malioboro.

Untuk tiket sendratari Sang Hanoman, anda hanya cukup merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 untuk Tamanan, Rp 40.000 untuk Prandapan, dan Rp 60.000 untuk Pendapan.

Tidak perlu khawatir jika kehabisan tiket pertunjukan. Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu melalui shop.hamzahbatik.co.id atau dapat melalui Instagram @hamzahbatikofficial.

Caos Dhahar

Prosesi caos dhahar di Hamzah Batik ini dilaksanakan setiap Kamis dan Sabtu Pahing, pukul 13.00 WIB.

Bagi wisatawan atau pengunjung Hamzah Batik yang datang di hari dan jam tersebut beruntung bisa turut menyaksikannya secara langsung.

Karena proses tersebut dilakukan di area dalam toko Hamzah Batik, dengan mengelilingi di setiap lantai dan sudut ruangan toko.

Pengunjung toko akan melihat langsung pasukan berbusana Jawa yang membawa sejumlah makanan, bunga dan dupa yang dibawa keliling toko dengan membunyikan lonceng.

Pasukan pun akan berhenti di beberapa sudut dan melakukan ritual doa-doa sembari duduk dan meletakkan ubo rampe berupa aneka makanan yang terdiri dari kue-kue, buah-buahan, dan bunga.

Persiapan caos dhahar yaitu menyiapkan sejumlah ubo rampe di antaranya, bunga kantil, bunga mawar, pisang raja, dan beberapa makanan berupa kue-kue, buah-buahan, serta air.

Perlengkapan tersebut dipersiapkan sebagaimana orang yang sedang menyiapkan makanan yang di tata sedemikian rupa di sebuah tampah bambu.

Tampah berisi makanan itu nantinya akan di bawa ke beberapa tempat yang telah ditentukan untuk menaruh ubo rampe.

Beberapa makanan itu merupakan symbol adanya keterhubungan batiniah antara manusia dengan alam yang terlihat dan tidak terlihat.

Caos dhahar di Hamzah Batik diartikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghormatan kepada leluhur di lingkungan sekitar Hamzah Batik.

Prosesi ini rutin dilakukan di Hamzah Batik karena sebagai salah satu wujud melestarikan tradisi Jawa.

Raminten Cabaret Show

Pertunjukan seni Raminten Cabaret Show yang memukau menjadi tontonan wajib ketika anda bertandang ke Jogja. Pertunjukan ini hanya bisa anda saksikan di Hamzah Batik lantai 3, Malioboro setiap Jumat dan Sabtu pukul 19.00 WIB.

Harga tiket Raminten Cabaret Show ini pun sangat terjangkau, yaitu Rp 60 ribu untuk tiket regular dan Rp 70.000 untuk tiket VIP.

Harga tiket yang sangat terjangkau untuk mendapatkan tontonan yang menghibur dan spektakuler dari para seniman berbakat Jogja.

Tiket tersebut pun bisa dibeli secara on the spot (OTS) di Hamzah Batik lantai 3, Malioboro. Namun jika khawatir kehabisan tiket, anda bisa memesannya terlebih dahulu. Untuk reservasi akan memiliki harga berbeda yaitu Rp 125 ribu. 

Dengan memesan tiket terlebih dahulu, anda akan mendapat keuntungan yaitu memilih tempat duduk dan makanan ringan yang bisa dijadikan camilan saat menonton pertunjukan.

Sabtu Kliwon

Wisata berbudaya Sabtu Kliwon menampilkan ragam aksi atraksi budaya yang diselenggarakan setiap Sabtu Kliwon. Acara biasanya dimulai sejak pukul 11.00 – 16.30 WIB di pelataran Gedung Hamzah Batik Malioboro.

Adapun gelaran budaya tersebut meliputi; Live Sitter, Batik Asik, Jamu Gendong, Brotowali Challenge, Arak-arakan Tumpeng, dan ditutup dengan Perform Tari dan Flashmob. Kesemua gelaran wisata berbudaya tersebut dapat dinikmati pengunjung maupun wisatawan secara gratis.

Selain bisa menikmati jamu gratis di stand Jamu Gendong Raminten di pelataran Hamzah Batik, pengunjung juga bisa mengikuti Brotowali Challenge. Yaitu lomba untuk menghabiskan jamu pahitan dengan cepat.

Namun tidak perlu khawatir karena tetap disediakan penetralisir rasa pahit berupa minuman gula asem. Bagi pemenang akan mendapat souvenir dari Hamzah Batik.

Puncak acara wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik ini yaitu Arak-arakan Tumpeng yang terdiri dari sejumlah prosesi. Diantaranya, terdiri dari formasi prajurit, abdi dalem, punokawan, dan tim klothekan.

Hamzah Batik selain dikenal sebagai pusat pertunjukan seni di Jogja, juga sebagai tempat belanja aneka oleh-oleh, belanja batik, aneka souvenir sekaligus mengenal kesenian Jawa melalui ragam pertunjukan seni. Beragam pertunjukan seni dapat anda saksikan setiap harinya di Hamzah Batik.

Dengan mengetahui jadwal pertunjukan, anda dapat merencanakan liburan anda dengan baik. Hamzah Batik selalu berupaya untuk melestarikan kebudayaan Jawa yang memang sudah diwariskan dari generasi ke generasi.

Di Hamzah Batik selain bisa puas berbelanja batik, aneka souvenir unik, bahkan ragam camilan jadul by Raminten dengan kemasan yang menggelitik, dapat dijadikan buah tangan untuk orang kesayangan.

Hamzah Batik selalu memperhatikan kenyamanan pengunjung dengan melengkapi fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan setiap pengunjung Hamzah Batik berupa fasilitas toko yang nyaman.

Tak hanya itu, Hamzah Batik juga menawarkan wisata edukasi berbudaya Jawa dengan menyajikan ragam pertunjukan seni. Agar tidak terlewat, catat jadwal pertunjukan seni yang digelar Hamzah Batik Malioboro.***

Berita lainnya
crossmenu