Logo Hamzah Batik

Pertunjukan Seni Tradisional di Jogja yang Wajib Anda Tonton!

Berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya jika tidak menyaksikan pertunjukan seni tradisional di Jogja. Atmosfer kesenian dan budaya yang melingkupinya terasa sangat kental, memberikan pengalaman baru dengan pertunjukan-pertunjukan seni.

Jogja memang tak berhenti menunjukkan pesonanya, ada banyak sekali pertunjukan seni tradisional di Jogja yang bisa Anda saksikan. Tak heran jika Jogja mendapatkan julukan Kota Budaya, karena sangat menjaga keutuhan seni dan budayanya.

Anda tidak hanya dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional di Jogja saja, namun ada juga budaya luar negeri yang diadaptasi dan dikemas menjadi pertunjukan yang mengesankan.

Saat berkunjung ke Jogja, sebaiknya Anda tidak hanya menghabiskan malam di Titik 0 Kilometer untuk nongkrong atau makan di angkringan saja. Anda bisa geser sedikit ke utara menuju Hamzah Batik Malioboro untuk menikmati berbagai pertunjukan seni.

Pertunjukan Seni Tradisional di Jogja Menarik Ada di Hamzah Batik 

Sebagai perusahaan yang menjunjung nilai seni dan budaya, Hamzah Batik tidak berhenti menyajikan pertunjukan seni tradisional yang berhasil memukau para wisatawan. Ada pertunjukan reguler yang bisa Anda saksikan setiap minggu, namun ada pula pertunjukan yang bersifat khusus.

Ada beberapa pertunjukan seni tradisional yang bisa Anda saksikan di Hamzah Batik, sebagai berikut :

  1. Raminten Cabaret Show

Selain dikenal dengan toko batik, oleh-oleh dan cinderamata, Hamzah Batik juga dikenal sebagai pusat atraksi wisata budaya. Salah satu pertunjukan aksi atraksi yang selalu dinanti adalah Raminten Cabaret Show.

Pastikan jika berkunjung ke Yogyakarta Anda tidak melewatkan pertunjukan seni satu ini, karena tiketnya selalu soldout.

  1. Kethoprak

Seni pertunjukan seni tradisional kethoprak merupakan salah satu ciri khas kesenian dan budaya Yogyakarta. Hampir mirip dengan wayang orang, kethoprak juga memiliki kisah yang dipertunjukkan. 

Para pemain ketoprak akan menggunakan pakaian tradisional Jawa, lengkap dengan iringan gamelan dan lantunan tembang dari para sinden. The Waroeng of Raminten kini menyuguhkan pertunjukan kethoprak Sang Hanoman.

Pertunjukan ketoprak sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015, namun sempat terhenti karena ada pandemi Covid-19. Kemudian mulai dipertunjukkan lagi pada tahun 2022.

  1. Caos Dhahar

Sebagai salah satu tradisi Jawa yang dilakukan sejak lama, caos dhahar memang sudah dilakukan secara turun temurun. Apabila diartikan dalam bahasa Indonesia, caos artinya menyiapkan. Sedangkan dhahar memiliki arti makan.

Sehingga secara harfiah, caos dhahar memiliki arti proses menyiapkan makanan. Tradisi tersebut di Keraton Ngayogyakarta masih dilakukan secara turun temurun. Maknanya, caos dhahar merupakan bentuk timbal balik Sangkan Paraning Dumadi atau Yang Menciptakan kita sebagai manusia.

Ada satu syarat yang tidak boleh dilupakan dalam prosesi caos dhahar yaitu kembang mawar merah dan kembang mawar putih. Sebagai penghormatan pada leluhur di sekitar Hamzah Batik, maka tradisi ini masih dijalankan hingga sekarang. Selain itu, juga sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Sabtu Kliwon

Pertunjukan seni tradisional di Jogja yang harus Anda tonton selanjutnya adalah Sabtu Kliwon merupakan pertunjukan seni yang diselenggarakan secara rutin di Hamzah Batik. Wisatawan yang melintas di Malioboro dapat menyaksikan aksi dan atraksi budaya secara gratis.

Adapun wisata budaya tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu Kliwon pukul 11.00-16.30 WIB di sepanjang pelataran Hamzah Batik Malioboro. Pertunjukan Sabtu Kliwon merupakan rangkaian dari beberapa pentunjukan seni, antara lain : Live Sitter, Batik Asik, Jamu Gendong, Brotowali Challenge, Arak-arakan Tumpeng, Tari-tarian dan Flashmob.

Acara Sabtu Kliwon diusung karena hari tersebut merupakan weton Jawa kelahiran Kanjeng Nindyo. Pendiri Hamzah Batik yang lahir pada hari Sabtu Kliwon, 7 Januari 1950.

Sabtu Kliwon artinya memiliki watak Lakuning Bumi, yaitu selalu memberi atau menolong orang lain tanpa mengharapkan balasan. Gelaran Sabtu Kliwon memiliki tujuan untuk memberikan suguhan dan pengenalan budaya asli Yogyakarta pada wisatawan.

  1. Permainan Musik Sitter

Hamzah Batik melestarikan permainan musik sitter yang hampir punah melalui pertunjukan yang bisa dinikmati pengunjung toko. Anda bisa menyaksikan musik sitter setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu yang dimainkan oleh seorang bapak tua yang menggunakan pakaian Jawa lengkap.

Saat pertunjukan musik sitter bisa dimainkan secara tunggal maupun bersama gamelan Jawa lengkap dengan pesindennya. Pengunjung akan diajak berinteraksi dengan memesan lagu kesukaan maupun unjuk kebolehan dengan bernyanyi bersama pemain musik sitter.

  1. Permainan Musik Angklung

Permainan musik angklung memang menjadi salah satu ciri khas pertunjukan seni di Malioboro. Hamzah Batik juga menangkap momen tersebut dengan menggelar pertunjukan musik angklung setiap hari Senin dan Selasa pukul 16.00-24.00 WIB.

Pertunjukan yang digelar secara rutin setiap minggu itu diharapkan dapat menarik pengunjung yang datang. Wisatawan dapat menikmati permainan musik dan memesan lagu kesukaan secara gratis.

  1. Tari Klasik

Puncak acara Sabtu Kliwon diakhiri dengan ragam tari-tarian bersama antara pengunjung dan pengisi acara. Semua yang ada di pelataran Hamzah Batik akan menari bersama.

Tak hanya berupa hiburan semata, pertunjukan tersebut juga mengenalkan budaya Jawa dengan sangat baik. Sehingga dapat meninggalkan kesan yang dalam bagi setiap pengunjungnya.

Hamzah Batik terus menjaga komitmen untuk selalu konsisten dalam melestarikan dan mengembangkan budaya dan pariwisata Yogyakarta.

Menarik bukan pertunjukan seni tradisional yang digelar Hamzah Batik? Jangan lupa untuk memasukkan rangkaian event yang digelar Hamzah Batik secara rutin tersebut ke dalam agenda kunjungan Anda ke Jogja.

Jam Operasional Hamzah Batik Malioboro

caos dhahar jadi tradisi rutin yang digelar Hamzah Batik Malioboro

Hamzah Batik Malioboro buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 00:00 wib, hadir sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja. Hamzah Batik tidak hanya sekadar toko batik dan oleh-oleh melainkan sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan.

Hamzah Batik sebagai pusat oleh-oleh khas Yogyakarta, menyediakan aneka oleh-oleh jadul dan kekinian, pernak pernik khas Jawa salah satunya teko dan cangkir blirik. Hamzah Batik juga menyediakan fasilitas Belajar Batik Asik yang bisa diikuti semua kalangan usia.

Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro. Apalagi selama Januari 2023 ini sedang berlangsung promo belanja menarik.

Anda juga bisa melakukan belanja online produk Hamzah Batik melalui shop.hamzahbatik.co.id atau menghubungi ke nomor 08112544239 – 08112544245 untuk belanja online maupun reservasi tiket pertunjukan seni tradisional di Jogja yang memukau yang ada di Hamzah Batik Malioboro.***

(/TAW.)

Berita lainnya
crossmenu