Logo Hamzah Batik
Pertunjukan Seni

Caos Dhahar Rutin Dilakukan Wujud Lestarikan Tradisi Jawa

19 September 2022

Caos dhahar merupakan salah satu tradisi Jawa yang sudah dilakukan sejak lama secara turun temurun. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, caos memiliki arti menyiapkan dan dahar yang berarti makan.

Sehingga secara harfiah caos dhahar dapat diartikan sebuah prosesi menyiapkan makanan.

Di Keraton Jawa, seperti Keraton Ngayogyakarta, tradisi caos dhahar ini pun masih lestari diselenggarakan secara turun-temurun.

“Caos dhahar merupakan hubungan timbal balik Sangkan Paraning Dumadi atau Yang Mencipta dengan kita sebagai manusia”.

Caos Dhahar identik dengan Kembang Mawar

Dalam ritual mempersiapkan makan ini, kembang mawar serta ubo rampe yang dipakai menjadi syarat yang tidak boleh ditinggalkan.

Adapun kembang yang dimaksud adalah kembang mawar merah dan kembang mawar putih. Kedua kembang tersebut jangan sampai ditinggalkan dalam prosesi mempersiapkan makan.

Secara keseluruhan ubo rampe berupa kembang tersebut memiliki makna tersendiri dalam prosesi caos dahar.

Di toko Hamzah Batik Malioboro juga masih melaksanakan tradisi caos dhahar yang dimaknai sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu juga caos dhahar sebagai penghormatan kepada leluhur di lingkungan sekitar Hamzah Batik.

Prosesi menyiapkan makanan tersebut dimaknai sebagai cara melatih diri untuk menghormati leluhur dan bersyukur kepada yang Maha Kuasa.

Menghormati leluhur yang telah lebih dulu berjuang dan prihatin sekaligus sebagai ungkapan syukur kepada yang Maha Kuasa kerena telah memberikan kenikmatan.

Jadwal Caos Dhahar di Hamzah Batik Malioboro

Prosesi caos dhahar di Hamzah Batik ini dilaksanakan setiap Kamis dan Sabtu Pahing, pukul 13.00 WIB.

Bagi wisatawan atau pengunjung Hamzah Batik yang datang di hari dan jam tersebut beruntung bisa turut menyaksikannya secara langsung.

Karena proses tersebut dilakukan di area dalam toko Hamzah Batik, dengan mengelilingi di setiap lantai dan sudut ruangan toko.

Pengunjung toko akan melihat langsung pasukan berbusana Jawa yang membawa sejumlah makanan, bunga dan dupa yang dibawa keliling toko dengan membunyikan lonceng.

Pasukan pun akan berhenti di beberapa sudut dan melakukan ritual doa-doa sembari duduk dan meletakkan ubo rampe berupa aneka makanan yang terdiri dari kue-kue, buah-buahan, dan bunga.

Persiapan caos dhahar yaitu menyiapkan sejumlah ubo rampe di antaranya, bunga kantil, bunga mawar, pisang raja, dan beberapa makanan berupa kue-kue, buah-buahan, serta air.

Perlengkapan tersebut dipersiapkan sebagaimana orang yang sedang menyiapkan makanan yang di tata sedemikian rupa di sebuah tampah bambu.

Tampah berisi makanan itu nantinya akan di bawa ke beberapa tempat yang telah ditentukan untuk menaruh ubo rampe.

Beberapa makanan itu merupakan symbol adanya keterhubungan batiniah antara manusia dengan alam yang terlihat dan tidak terlihat.

Caos dhahar di Hamzah Batik diartikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghormatan kepada leluhur di lingkungan sekitar Hamzah Batik.

Prosesi ini rutin dilakukan di Hamzah Batik karena sebagai salah satu wujud melestarikan tradisi Jawa.

Tak lain, karena Hamzah Batik memiliki komitmen sebagai pusat aksi, atraksi budaya Jawa dan sekaligus sebagai tempat edukasi wisata Jogja yang memilki ke-khasan juga keunikan.

Jika anda penasaran dengan prosesi caos dhahar ini, langsung saja datang ke Hamzah Batik. Namun sebaiknya anda mencatat hari dan jamnya terlebih dahulu untuk kapan prosesi ini dilakukan.

Berwisata sekaligus berbelanja di Hamzah Batik wisatawan akan diajak untuk lebih mengenal tradisi budaya Jawa yang memiliki makna spiritual dan mendalam.

Jadwalkan segera kedatanganmu ke Hamzah Batik, dan temukan sensasi berbeda dalam berwisata, berbelanja sekaligus menambah khasanah pengetahuan tentang budaya Jogja hanya di satu tempat.

Prosesi caos dhahar di Hamzah Batik juga sebagai wujud melestarikan budaya Jawa yang dapat anda saksikan setiap Kamis dan Sabtu Pahing, pukul 13.00 WIB.

Kapan lagi, berbelanja batik, oleh-oleh, dan souvenir sekaligus berwisata berbudaya untuk lebih mengenal dan mengingat budaya Jawa khususnya Jogja kalau tidak dengan berkunjung di Hamzah Batik.

Hamzah Batik terus berkomitmen sebagai tempat aksi, atraksi budaya Jawa memiiki ragam pertunjukan seni dan budaya.

Selain caos dhahar, ada banyak pertunjukan seni lainnya yang diadakan Hamzah Batik, untuk informasi selengkapnya anda bisa menghubungi di nomor: 08112544239 – 08112544245 dan Follow akun instagram @hamzahbatikofficial serta FB: Hamzah Batik Official.***

crossmenu