Logo Hamzah Batik
Pertunjukan Seni Live Musik Siter

Menikmati Live Musik Siter Sambil Berbelanja Hanya di Sini Tempatnya!

21 September 2022

Biasanya permainan alat musik Siter hanya bisa ditemukan di daerah Jawa Barat maupun Jawa Tengah. Karena asal dari alat musik tersebut dikembangkan dari kedua daerah tersebut.

Jika ingin menikmati alunan musik khas dari alat musik Siter yang sudah sangat jarang ditemui ini, anda bisa datang ke Toko Hamzah Batik Malioboro.

Musik siter, siter, live siter
Live musik siter di Hamzah Batik Malioboro Lantai 1

Di toko Hamzah Batik Malioboro, anda dapat menyaksikan secara langsung permainan musik Siter ini sembari berbelanja.

Selain dikenal dengan pusat belanja batik di Jogja, Hamzah Batik juga dikenal sebagai pusat pertunjukan tradisional, salah satunya live musik Siter.

Siter merupakan salah satu alat musik tradisional khas Indonesia yang kerap digunakan saat mengiringi pertunjukan musik gamelan Jawa.

Siter menjadi alat musik yang penting dalam setiap penampilan pertunjukan musik karena memiliki hasil suara yang indah dan khas.

Alat Musik Siter Dimainkan dengan Dipetik dan Menghasilkan Suara Khas

Alat musik Siter ini salah satu musik yang terancam punah, sehingga warga Indonesia harus turut berperan membantu dalam melestarikan alat musik khas Indonesia ini.

Salah satu cara untuk melestarikannya yaitu dengan mengenal terlebih dahulu tentang alat musik yang berasal dari daerah Jawa ini dan mengapresiasi pemain musiknya.

Alat musik ini merupakan alat musik petik mirip kecapi. Perbedaannya terletak pada posisi saat memainkannya. Jika alat musik kecapi dimainkan dengan posisi horizontal sedangkan Siter dimainkan dengan posisi vertikal.

Cara memainkan alat musik ini dengan memetik senar menggunakan jari, sehingga menghasilkan melodi yang khas.

Suara khas ini biasanya dipadukan dengan alat musik Jawa lainnya. Namun, juga bisa dimainkan secara tunggal.

Bunyi nyaring yang dihasilkan dari alat musik Siter ini memiliki setelan dawai di nada pelog dan dawai lain di nada pelog.

Teknik Memainkan Siter

Setiap alat musik pasti memiliki teknik masing-masing dalam memainkannya, demikian juga pada alat musik ini yang memiliki beberapa teknik dalam memainkannya.

Teknik dasar dalam memainkan alat musik petik ini yaitu jari telunjuk tangan kanan bertumpu ke serenten dan ibu jari tangan kanan memetik senar.

Sedangkan tiga jari diletakan di bawah senar menghadap ke atas, dimaksud untuk menghentikan senar yang telah dipetik.

Untuk jari tangan kiri diletakan di atas senar dan ibu jari tangan kiri bertugas untuk memetik senar.

Selanjutnya ada teknik kecek dan teknik tabuhan. Teknik kecek digunakan untuk variasi petikan agar suara lebih lembut, teknik tabuhan digunakan untuk pengisi lagu dan melodi.

Alat Musik Tradisional yang Hampir Punah

Pengunjung juga bisa request lagu dan ikut bernyanyi bersama pada pertunjukan Live Musik Siter di Hamzah Batik.

Alat musik yang memiliki nama asal “Citer” dari bahasa Belanda ini termasuk alat musik yang terancam kepunahannya. Dikarenakan kurangnya minat gerenasi muda dalam mempelajari alat musik tersebut.

Dikhawatirkan ke depan tidak ada lagi penerus yang memiliki keahlian dalam bermain alat musik Siter. Padahal alat musik Siter ini merupakan bagian dari aset budaya Jawa yang harus terus dilestarikan.

Hamzah Batik Tampilkan Permainan Musik Siter

Dari kekhawatiran tersebut Hamzah Batik berusaha untuk melestarikan musik Siter melalui pertunjukan yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung toko.

Jika anda penasaran dengan suara merdu dari alunan musik Siter ini, langsung saja datang ke Hamzah Batik Malioboro.

Pada Jumat, Sabtu, Minggu alat musik tradisional akan dimainkan oleh seorang bapak yang berbusana Jawa lengkap dan memainkan alat musi Siter dengan sangat apik.

Setiap pengunjung Toko Hamzah Batik Malioboro juga bisa memesan lagu kesukaan atau bahkan unjuk kebolehan untuk bernyanyi bersama dengan pemain musik Siter.

Dalam pertunjukan live musik Siter di Hamzah Batik, alat musik Siter dimainkan secara tunggal dan tak jarang dimainkan bersama dengan gamelan Jawa.

Pertunjukan Seni Sabtu Kliwon

Tidak hanya setiap Jumat, Sabtu, Minggu permainan musik Siter juga ditampilkan pada saat pertunjukan seni Sabtu Kliwon di Hamzah Batik Malioboro.

Dalam serangkaian pertunjukan seni Sabtu Kliwon juga menyuguhkan tari Raminten-Raminto, Fashion Street, Tongtek, Caos Dahar, Flashmob, dan masih banyak lagi.

Mari bersama melestarikan alat musik Siter ini sebagai salah satu kekayaan khas Indonesia agar tidak punah. Salah satu caranya dengan mengenal alat musik serta memberikan apresiasi terhadap pemain musik Siter.

Di Hamzah Batik Malioboro yang buka mulai pukul 08.00 - 24.00 WIB ini, tidak hanya sekadar berwisata belanja, tetapi juga belajar budaya Jawa yang turun-temurun dijaga termasuk alat musik Siter ini.

Hamzah Batik sebagai pusat aksi atraksi budaya Jawa, memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan saat berwisata di Jogjakarta.

Live musik Siter hadir menemani aktivitas berbelanja anda di Hamzah Batik setiap Jumat, Sabtu dan Minggu pukul 11.00 WIB - 16.00 WIB.

Follow instagram @hamzahbatikofficial untuk update informasi seputar aksi atraksi budaya di Hamzah Batik Malioboro.***

crossmenu