Logo Hamzah Batik
Sendratari Sang Hanoman Spesial Show

Sendratari Sang Hanoman Spesial Show yang Memukau Pengunjung

23 September 2022

Sendratari Sang Hanoman spesial show, menceritakan tentang legenda kera putih bernama Hanoman yang berupaya dalam menyelamatkan Rama dan Shinta dari Rahwana.

Cerita Sendratari Sang Hanoman spesial show ini diambil dari cerita wewayangan atau epos Ramayana dan biasanya lebih dikenal dengan judul “Ramayana”.

Sendratari Sang Hanoman Show lebih fokus menceritakan Hanoman yang berkarakter pemberani dan rela berkorban yang bisa disaksikan di Hamzah Batik Malioboro.

Dengan menyaksikan Sang Hanoman Show di Hamzah Batik Malioboro akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati pertunjukan drama musikal yang dikemas dengan tata panggung, efek cahaya, dan backsound yang apik.

Asal Mula Sendratari Sang Hanoman

Hanoman adalah anak dari pasangan Dewi Anjani dan Batara Guru. Hanoman sejak kecil memiliki watak yang pemberani. Banyak versi yang menceritakan tentang tokoh wayang ini.

Walaupun Hanoman memiliki wujud seperti kera, namun ia dapat berbicara dan berpikir seperti manusia. Saat Hanoman lahir terdapat kegaduhan dunia, seperti gunung-gunung meletus dan terjadi badai dimana-mana.

Di versi cerita lain, Hanoman dapat berbicara meskipun baru lahir juga sempat mencoba menelan matahari yang dimana Hanoman kira matahari adalah buah merah yang bisa ia makan.

Percobaan memakan mataharipun digagalkan oleh dewa Indra dan membuat Sang Hanoman memuntahkan matahari kembali.

Kera Putih Baik Hati dan Sakti Mandraguna

Cerita Hanoman menyebar luas ke masyarakat bahwasanya ia adalah kera putih yang memiliki kesaktian, seperti Sappo’angin atau sapu angin.

Kesaktian itu bisa membuat Hanoman berlari secepat angin. Ia mendapatkan kesaktian itu atas pemberian dari Dewa Bayu.

Kera putih ini juga dapat berkomunikasi jarak jauh atau sering disebut juga telepati. Nama kesaktian terebut adalah Aji Pameling. Batara Wisnu yang memberikan kemampuan telepati tersebut kepada Hanoman.

Tidak hanya itu, Hanoman dapat mengangkat beban seberat apapun. Bahkan dapat mengangkat dan memindahkan gunung yang sangat besar. Kesaktian itu diberikan oleh Dewi Shinta dengan nama kesaktian yaitu Aji Mudri.

Dengan kesaktian-kesaktian tersebut membuat Hanoman menjadi salah satu senopati handal. Hanoman juga memiliki sifat rela berkorban. Sifat tersebut dapat dilihat ketika Hanoman menyelamatkan Rama dan Shinta.

Drama Musikal yang Dikemas Profesional

Penasaran dengan kelengkapan cerita Hanoman? Anda bisa mengikuti cerita lengkapnya dengan menonton Sendratari Sang Hanoman Show di lantai tiga Hamzah Batik Malioboro.

Anda akan disuguhkan pertunjukan yang memukau dan kenangan yang tidak akan terlupakan. Tata panggung dan kostum yang mewah membuat pertunjukan Sang Hanoman menjadi lebih hidup.

Tata panggung yang apik disertai lampu sorot dan iringan musik yang menambah kesan dramatis dalam pertunjukan sendratari ini. Penataan kostum dengan segala aksesoris kostum juga menjadi daya tarik sendiri bagi para penonton.

Persembahan Karyawan dan Karyawati Hamzah Batik

Jadwal Pertunjukan Seni Sang Hanoman

Anda dapat menyaksikan Sendratari Sang Hanoman Show setiap hari Rabu. Walaupun pertunjukan tidak diadakan setiap hari namun, antusiasme wisatawan terhadap pertunjukan ini sangat tinggi.

Pengunjung dapat menyaksikan setiap hari Rabu pekan pertama dan ketiga, pukul 19.00 hingga 20.30 WIB. Pertunjukan sendratari Sang Hanoman ini diselenggarakan di lantai 3 Hamzah Batik, Malioboro.

Toko Hamzah Batik memiliki tiga lantai yang berisi bermacam produk di setiap lantainya. Lantai pertama berisikan beragam produk batik, lantai kedua berisi beragam souvenir dan lantai tiga terdapar resto dan panggung pertunjukan seni.

Untuk menonton pertunjukan seni Sang Hanoman Show ini, anda hanya membayar Rp 30 ribu untuk pringgitan dan Rp 50.000 untuk pendapan.

Tidak perlu khawatir jika kehabisan tiket pertunjukan. Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu melalui shop.hamzahbatik.co.id atau dapat melalui Instagram @hamzahbatikofficial.

Hanoman merupakan nama yang sering berlalulalang dalam penokohan di wewayangan. Pertunjukan sendratari Sang Hanoman akan menjadi suatu hiburan yang cocok ketika anda berwisata ke Jogja.

Selain bisa berbelanja oleh-oleh, anda juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan. Hamzah Batik juga memiliki pertunjukan lain di antaranya Raminten Cabaret Show, pertunjukan tari klasik Yogyakarta dan berbagai pertunjukan kebudayaan lainnya.

Yang special adalah, sendratari Sang Hanoman ini diperankan oleh para karyawan dan karyawati Hamzah Group. Bagi yang awalnya tidak bisa menari akan berlatih bersama tim professional hingga mampu tampil apik di atas panggung.

Raminten Group memiliki Paguyuban Moendhi Dharma, yang menjadi wadah bagi karyawan untuk berlatih menari dan berkesenian. Tujuannya, tentu demi melestarikan tradisi dan budaya Jawa, khususnya Jogja.

Sang Hanoman di Hamzah Batik Malioboro

Jika anda sudah mengantongi tiket pertunjukan seni Sang Hanoman Spesial Show, langsung saja masuk melalui pintu utama toko Hamzah Batik Malioboro.

Namun, jika anda datang 2-3 jam lebih awal maka anda akan memiliki kesempatan berfoto bersama para pemain Sang Hanoman yang berkumpul di sekitar teras toko Hamzah Batik.

Setiap pengunjung yang datang menerima sambutan ramah dari pegawai dan susasana toko yang lengkap dengan hiasan-hiasan patung khas Raminten.

Beberapa patung orang Jawa lengkap dengan pakaian adatnya, menjadi kekhasan di semua unit bisnis Hamzah Batik.

Sembari menunggu pertunjukan seni Sang Hanoman dimulai, pengunjung bisa memesan beberapa menu makanan tradisional dan western di Raminten 3 Resto.

Bakmi Jawa, soto, mendoan maupun camilan pisang goreng bisa anda pesan di sini. Juga terdapat menu aneka minuman unik yang bisa dinikmati satu keluarga.

Sekitar pukul 19.00 WIB panggung dibuka dengan menampilkan tari jamu Gendhing atau tari Angguk ataupun Tari Hamzah Batik dari Raminten. Salah satu tarian yang kerap muncul di acara-acara Hamzah Batik.

Selanjutnya cerita inti drama musical Sang Hanoman dimulai. Sendratari ini menceritakan perjalanan Hanoman ke Kerjaan Alengka karena diutus Sri Rama untuk menemui Dewi Shinta.

Sendratari Sang Hanoman dibuka dengan adegan Baginda Sri Rama yang mencari duta untuk di kirim ke Kerajaan Alengka. Memastikan bagaimana keadaan pujaan hatinya di sana. Setelah menjanjikan hanya satu hari perjalanan, Hanoman terpilih mewakili Baginda Sri Rama menuju Alengka.

Sebelum sampai di Taman Argasoka, tempat Dewi Shinta di tahan Rahwana, Hanoman dirayu seorang bidadari bernama Dewi Sayempraba, putri Batara Wiswakrama. Dewi Sayempraba merayu Hanoman dan memberinya buah-buahan.

Hanoman sempat termakan tipu daya Dewi Sayempraba. Si kera putih ini memakan buah yang ditawarkan oleh Dewi Sayempraba.

Ternyata buah beracun itu membuat mata Hanoman buta dan kekuatannya hilang. Untunglah, Sempati, seekor burung garuda segera datang menolong Hanoman.

Sempati merupakan kakak dari burung Garuda, Jatayu, yang telah tewas ketika berusaha menolong Dewi Sinta. Hanoman pun disembuhkan dari kebutaan dan diberi petunjuk cara melanjutkan perjalanan ke Kerajaan Alengka.

Lantas bagaimana kisah selanjutnya, berhasilkan sang Hanoman sampai ke Kerajaan Alengka dan menyelematkan Dewi Shinta?.

Saksikan Sendratari Sang Hanoman Spesial Show yang memukau hanya di Hamzah Batik Malioboro. Dengan menyaksikan pertunjukan anda telah turut berperan dalam melestarikan seni dan budaya Jawa khususnya Jogja.***

crossmenu