Logo Hamzah Batik

Proses Pembuatan Batik Tulis Bagi Pemula yang Harus Diketahui

Teknik proses pembuatan batik merupakan tahapan proses yang dilakukan mulai dari awal hingga akhir.

Adapun proses pembuatan batik pada dasarnya memerlukan kain mori, malam atau peralatan membatik yang kemudian membatik hingga menjadi kain batik.

Dalam pengerjaan dari kain mori menjadi kain batik, dibagi ke dalam dua proses. Yaitu proses persiapan dan proses pembuatan batik.

Proses pembuatan batik tulis bagi pemula yang akan diulas kali ini menjelaskan tahapan yang mudah dipraktikkan.

Pada proses persiapan pembuatan batik yang harus diperhatikan adalah dalam proses pengerjaan kain mori sebelum siap di batik.

Persiapan tersebut meliputi, mencuci (nggirah/ngetel), merendam dalam air kanji (menganji), dan menyeterika (ngemplong).

Prose pembuatan batik menjadi pengerjaan pada pembuatan batik yang sebenarnya. Berikut adalah proses pembuatan batik tulis bagi pemula yang mudah dipraktikkan:

Proses Pembuatan Batik Tulis Lalui Proses Panjang

Dahulu awal mula proses pembuatan batik, batik dibuat di atas bahan kain berwarna putih. Kain itu terbuat dari kapas atau yang dikenal dengan kain mori.

Namun pada perkembangannya, batik juga dapat dibuat pada bahan kain lain, di antaranya kain sutera, katun, rayon, polyester, bahkan media yang keras seperti kayu.

Proses Pembuatan Batik Tulis Terdiri Dari:

  • Proses yang pertama adalah menyiapkan bahan kain, bisa dengan bahan kain mori atau sesuai dengan kebutuhan.

Tapi untuk pebatik tulis pemula sebaiknya mulai belajar membatik pada kain mori ini. Selain mudah diaplikasikan corak batik, kain mori ini memiliki ketebalan, kehalusan, dan kerapatan yang baik.

Kain mori sendiri memiliki ragam jenis yang bisa dipilih sebagai bahan dasar pembuatan batik.

Ada kain mori primissima, kain mori biru, kain mori voilissima, kain mori prima, dan kain mori berkolissima.

  • Selanjutnya adalah pemotongan kain mori yang disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya perajin memotong kain mori untuk dibatik menggunakan ukuran 115 x 200 cm.

Ada pula yang memotong kain mori untuk membatik 200 x 100 cm, biasanya ukuran tersebut untuk membuat kain jarik atau tapih.

  • Setelah itu, proses mengetel yaitu menghilangkan kanji pada kain mori yaitu dengan cara membasahi mori dengan larutan.

Larutan yang digunakan pun tidak sembarang larutan, melainkan larutan minyak kacang, soda abu, tipol dan air secukupnya.

Kemudian kain mori diuleni beberapa waktu sampai rata. Lalu jemur sampai kering, dan diulangi uleni kembali selanjutnya kembali dijemur.

Proses tersebut diulang sampai tiga pekan lamanya. Kemudian cuci hingga bersih, pastikan tidak ada lagi kanji yang menempel pada kain.

Proses ini bertujuan untuk menjaga zat warna nantinya bisa meresap dengan sempurna pada serat kain mori.

  • Setelah kain mori siap, barulah proses menggambar batik langsung pada kain atau dikenal dalam istilah nglengreng.

Proses menggambar motif atau pola batik bisa juga dilakukan pada kertas. Karena tidak semua orang bisa langsung menggambar motif batik pada kain. Hal ini bisa dilakukan bagi pemula yang masih takut-takut untuk langsung menggambar di kain.

Teknik tersebut disebut juga dengan nyungging. Menggambar motif batikdibutuhkan keterampilan yang khusus untuk melakukannya.

  • Setelah gambar jadi, kemudian proses menjiplak atau njaplak. Yaitu kegiatan memindahkan gambar atau pola batik pada kain.
  • Nglowong atau proses menempelkan lilin malam di kain melalui canting. Pada proses inilah motif batik mulai terlihat pada kain.
  • Isen-isen atau ngiseni yaitu memberi variasi pada ornament atau motif pada kain sesuai gambar motif yang Digambar pada tahap pertama. Di tahap ini masih menggunakan canting.
  • Nyolet yaitu proses mewarnai pada bagian motif yang terlihat, misalnya gambar kembang, daun dan sebagainya.
  • Mopok atau tahapan yang dilakukan untuk menutup bagian yang dicolet dengan lilin malam, yang kemudian diikuti dengan tahapan nembok.
  • Menutup atau ngeblok atau nembok, proses membuat bagian dasar kain yang tudak perlu diwarnai.
  • Selanjutnya ngelir atau mewarnai batik yang sudah ditembok dengan cara dicelupkan pada larutan zat warna atau dikenal dengan istilah ngobat.
  • Langkah berikutnya menghilangkan lilin dengan cara direbus dalam air mendidih atau dikenal dengan istilah nglorod. Tahap ini sudah masuk ke dalam tahap finishing pertama.
  • Selanjutnya yaitu ngrentesi, proses memberikan titik di garis-garis ornament utama dengan menggunakan canting kecil dan halus. Titik yang dihasilkan pun terlihat rapi.
  • Kemudian dilanjutkan nyumri atau proses menutup kembali bagian-bagian dengan lilin malam.
  • Nyoja yaitu proses menyelupkan kain dengan warna sogan atau coklat. Yang menjadi warna khas dasar batik asli Yogyakarta maupun Surakarta.
  • Proses berikutnya adalah pencucian. Setelah lilin terlepas dari kain, lalu dicuci sampai bersih dan proses penjemuran.
  • Proses terakhir kain kembali dilorod atau nglorod, yaitu meluruhkan lilin malam dengan air mendidih.

Begitu panjang proses pembuatan batik tulis, terbayangkan sudah bagaimana kesabaran, keuletan dan ketekukan para perajin batik ketik membuat satu lembar kain batik.

Ada proses pengulangan selama berhari-hari, hingga tercipta motif batik yang indah dan bernilai tinggi. Oleh karena itu batik memerlukan perawatan khusus dibanding pakaian yang lain.

Diperlukan pengalaman bertahun-tahun sebelum akhirnya pengrajin batik bisa secara konsisten mengasilkan kain batik berkualitas tinggi.

Tentunya, mereka juga harus melewati sejumlah fase kegagalan hingga mereka bisa mencapai titik kesuksesan dalam membatik.

Demikian penjelasan mengenai proses pembuatan batik tulis yang bisa dipratikkan para pebatik pemula.

Edukasi Batik Asik

Jika ingin belajar membatik singkat atau mencoba bagaimana membatik tulis, bisa datang langsung ke Hamzah Batik Malioboro. Di sana Anda bisa belajar gratis dan hasilnya bisa dibawa pulang.

Selain bisa belajar langsung bagaimana membatik, juga bisa membeli sebagian peralatan membatik di Hamzah Batik Malioboro.

Ragam batik dalam bentuk fashion lengkap terdapat di sini, mulai dari kain batik, baju, dress untuk dewasa maupun anak-anak, mukena batik, tas, topi, kaos batik, lengkap ada di sini.

Hamzah Batik menjadi tempat one stop shopping oleh-oleh sekaligus menjadi tempat aksi atraksi budaya Jawa. Toko buka mulai pukul 08.00 hingga 24.00 WIB yang bisa dikunjungi setiap hari.  

Untuk info update terkait pertunjukan seni atau event di Hamzah Batik bisa follow Instagram @hamzahbatikofficial dan belanja online di @shop.hamzahbatik.***

Berita lainnya
crossmenu