Logo Hamzah Batik

Sabtu Kliwon Juni 2023 Usung Tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila”

Sabtu Kliwon Hamzah Batik usung tema Saya Indonesia Saya Pancasila
Sabtu Kliwon Hamzah Batik 3 Juni 2023, usung tema Saya Indonesia Saya Pancasila.

Wisata berbudaya Sabtu Kliwon Juni 2023 kali ini mengusung tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila” yang diselenggarakan pada Sabtu, 3 Juni 2023 kemarin.

Alasan diusungnya tema tersebut pada Sabtu Kliwon kali ini adalah karena bertepatan dengan bulan lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Sabtu Kliwon Hamzah Batik bertema Saya Indonesia, Saya Pancasila menampilkan sejumlah aksi dan atraksi special performance pelaku budaya yang selalu dinantikan para wisatawan pengunjung Kawasan Malioboro.

Rangkaian Acara Sabtu Kliwon “Saya Indonesia, Saya Pancasila”

Selalu saja ada yang istimewa dalam setiap ajang wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik. Yaitu dengan tema-tema menarik dan tentunya berunsur budaya serta edukasi.

Pada Sabtu Kliwon kali ini sesuai pada momentum bulan kelahiran Pancasila, Hamzah Batik pun menyajikan Sabtu Kliwon berteme Pancasila.

Hamzah Batik terus berkomitmen dan berperan aktif dalam meningkatkan kepedulian masyarakat Yogyakarta khususnya dan luar Yogyakarta pada umumnya, mengenai pentingnya melestarikan serta mengembangkan budaya dan pariwisata Yogyakarta.

Dengan memberikan suguhan dan pengenalan budaya asli Yogyakarta pada wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, khususnya Malioboro. Serta memperkuat identitas Yogyakarta sebagai kota budaya.

Adapun para pengisi Sabtu Kliwon Hamzah Batik yang dimulai pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB kemarin, di antaranya; Corna Collection yang menampilkan Tari Sekar Pujiastuti, Raminten Cabaret yang menampilkan Tari Nusantara.

Serangkaian acara bertemakan Pancasila lainnya pun dihadirkan oleh tim Hamzah Batik, salah satunya Free Edukasi Batik Asik dengan tema Cinta Pancasila yang di gelar di pelataran toko Hamzah Batik.

Dan yang tidak pernah ketinggalan dalam wisata berbudaya Hamzah Batik “Sabtu Kliwon” yang selalu dinanti wisatawan dan masyarakat setempat adalah live music sitter, challenge memakai pakaian adat Jawa lengkap, prosesi tumpeng, arak-arakan Bregada, Miss Raminten, Punokawan dan Klothekan, dan Fashion Street Pakaian Adat Nusantara.

Apa Sih Sabtu Kliwon Itu?

Sabtu Kliwon adalah salah satu pertunjukan seni yang diinisiasi dan diselenggarakan secara rutin oleh Hamzah Batik Malioboro.

Wisata berbudaya Sabtu Kliwon memiliki serangkaian aksi dan atraksi budaya yang dapat disaksikan setiap pengunjung maupun wisatawan yang melintas di Malioboro secara gratis.

Adapun wisata berbudaya Sabtu Kliwon ini digelar setiap Sabtu Kliwon pukul 11.00 hingga pukul 16.30 WIB di sepanjang pelataran Hamzah Batik, Malioboro.

Pertunjukan seni Sabtu Kliwon menampilkan ragam aksi atraksi budaya yang membuat setiap penonton berkesan dan tentunya menghibur.

Menarik Perhatian Setiap Wisatawan

Antusiasme pengunjung biasanya sudah terlihat dengan berkumpul di titik pelataran teras toko Hamzah Batik Malioboro sejak siang hari demi untuk menyaksikan Sabtu Kliwon.

Setiap pengunjung pun bersiap memposisikan diri dan mengabadikan setiap moment dengan merekam atau memotret dengan kamera ponsel pribadi mereka masing-masing.

Bagaimana tidak berkesan, pasalnya setiap pertunjukan seni aksi dan atraksi budaya diperankan atau dibawakan oleh para karyawan dan karyawati Hamzah Batik.

Para karyawan berkostum tokoh-tokoh pewayangan, mulai dari Hanoman, Gareng, Bagong, Limbuk, dan sebagainya dengan aksinya yang mengundang gelak tawa penonton.

Kegiatan Sabtu Kliwon memang sengaja menghadirkan sajian bernuansa seni budaya dan sarat hiburan yang diperuntukkan bagi wisatawan yang singgah.

Menariknya lagi, saat di puncak acara wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik ini menggelar ragam tari-tarian dan Flashmob mengajak seluruh pengunjung dan pengisi acara. Semua berkumpul menari bersama di pelataran Hamzah Batik.

Serangkaian acara yang begitu menawarkan tak hanya hiburan semata, tetapi juga mengenalkan budaya Jawa dengan sangat apik. Sehingga menjadi sangat mengesankan setiap pengunjung yang menyaksikan.

Hamzah Batik terus berupaya menunjukkan komitmennya berkonsistensi dalam melestarikan dan mengembangkan budaya dan pariwisata Yogyakarta.

Di antaranya dengan memberikan suguhan untuk memperkenalkan budaya asli Yogyakarta kepada wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Malioboro. Salah satunya menggelar wisata berbudaya Sabtu Kliwon.

Mengapa Sabtu Kliwon?

Alasan mengapa mengusung acara di Sabtu Kliwon, sekadar diketahui karena hari tersebut merupakan weton Jawa kelahiran Kanjeng Nindyo. Beliau adalah pendiri Hamzah Batik yang lahir pada Sabtu Kliwon, 7 Januari 1950.

Sabtu Kliwon memiliki watak Lakuning Bumi yang memiliki makna, selalu memberi atau menolong orang lain tanpa meminta balasan apapun.

Itulah mengapa Sabtu Kliwon dijadikan momentum untuk menggelar wisata berbudaya oleh Hamzah Batik.

Gelaran wisata berbudaya Sabtu Kliwon persembahan Hamzah Batik ini diharapkan mampu memberikan suguhan dan pengenalan budaya asli Yogyakarta pada wisatawan domestik maupun mancanegara yang dapat digelar secara rutin.

Sehingga semakin mampu memperkuat identitas Yogyakarta sebagai kota budaya.

Sebagai Pusat Oleh oleh di Jogja Terlengkap dengan Atraksi Budaya

Hamzah Batik sebagai pusat oleh-oleh di Jogja yang terlengkap dengan pertunjukkan seni budaya, rupanya telah melakukan manajemen waktu yang sangat baik untuk menggelar berbagai pertunjukkannya.

Di mana seluruh jadwal pertunjukkan seni budaya diatur sedemikian rupa dalam Calender of Event Hamzah Batik.

Seluruh jadwal pertunjukkan seni dikelompokkan ke dalam event harian seperti Belajar Batik Asik. Ada juga event setiap pekan seperti pertunjukkan seni music live, Raminten Cabaret Show yang digelar setiap Jumat dan Sabtu.

Bahkan ada event yang dilaksanakan bulanan seperti Sabtu Kliwon yang diadakan setiap 40 hari sekali.

Hamzah Batik sendiri memulai operasional dari jam 07.00 wib hingga 00:00 wib, dan untuk seluruh jadwal pertunjukkan seni dapat diperoleh secara langsung melalui akun Instagram resmi Hamzah Batik di @hamzahbatikofficial.

Hamzah Batik Malioboro sebagai pusat oleh oleh di Jogja terlengkap ini, mengajak wisatawan tidak hanya sekadar berwisata belanja, tetapi juga belajar dan mencintai budaya Jawa.***

Berita lainnya
crossmenu