Logo Hamzah Batik

Sebelum Belanja Batik, Yuk Kenali Pewarna Batik Alami dan Sintetis Batik Indonesia

Belanja batik, kenali jenis pewarnaan batik dahulu
Sebelum belanja batik, sebaiknya kenali dahulu jenis pewarnaan batik alami dan sintetis.

Berwisata ke Yogyakarta kurang lengkap rasanya jika tidak belanja batik yang merupakan salah satu khas dari Kota Gudeg ini.

Sebagai wisatawan yang ingin belanja batik, Anda harus cermat dalam menentukan produk apa yang ingin anda beli, toko batik yang akan menjadi tujuan, dan berapa budgetnya.

Sebelum belanja batik, ada hal-hal yang perlu diperhatikan atau menjadi catatan dalam membeli batik. Salah satunya jenis dan motif batik.

Namun tidak ada salahnya jika sebagai pecinta dan pembeli batik, anda mengenali tentang pewarna batik alami dan sintetis batik Indonesia.

Untuk menghasilkan kain batik yang indah tentunya melalui proses pewarnaan. Proses pewarnaan batik sendiri pun cukup beragam.

Ada yang menggunakan pewarna sintetis adapula yang masih menggunakan pewarna alami untuk menjaga kenaturalan batik itu sendiri.

Seperti diketahui, pewarna batik alami menggunakan bahan-bahan yang alami misalnya yang tumbuhan dan buah-buahan yang melalui pengolahan terlebih dahulu sehingga menghasilkan warna pada kain batik.

Sedangkan pewarna sintetis, menggunakan bahan kimia atau buatan yang dibuat khusus untuk pewarna kain.

Belanja Batik? Kenali Dulu Jenis Pewarnaan Pada Batik

Untuk lebih jelasnya apa saja pewarnaan alami dan sintetis pada batik sebelum belanja batik, berikut ulasannya.

Pewarnaan alami

Bahan baku untuk pewarna alami untuk bahan tekstil biasanya berasal dari ekstrak dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya, daun, bunga, biji, kayu, dan akar. Dari bahan-bahan itulah dapat ditemukan berbagai warna yang berbeda.

Tanaman yang menghasilkan warna di antaranya; kunyit, teh, akar mengkudu, kulit soga jambal, daun jambu biji, kesumba, kulit pohon soga tinggi, daun pohon nila dan lain sebagainya.

Supaya warna dari bahan baku tersebut dapat melekat kuat pada kain, dilakukan proses fiksasi. Ada 3 jenis fiksasi yang digunakan, yaitu kapur yang bermanfaat menghasilkan warna muda atau terang.

Fiksasi tawas berguna untuk memperoleh warna dasar atau asalnya. Dan Tunjung agar mengeluarkan warna yang lebih tua atau pekat.

Adapun kelemahan dari menggunakan pewarna alami yaitu konsentrasi pigmen rendah, stabilisasi juga kurang dan keseragaman warna kurang baik serta spectrum warna tidak seluas pewarna sintetis.

Meski demikian, batik dengan pewarna alami memiliki keunggulan dan daya tarik global dengan karakteristik yang eksklusif, unik, dan etnik.

Pewarnaan Sintetis

Bahan-bahan yang digunakan untuk pewarnaan sintetis adalah zat-zat kimia tertentu yang dikhususkan untuk pewarnaan kain.

Tetapi tidak semua pewarna sintetis bisa diterapkan pada pewarnaan baik. Karena pada proses pewarnaan batik saat proses pencelupan harus berada di suhu kamar.

Bahan pewarna sintetis untuk batik, yaitu Naphtol yang memiliki 2 komponen yaitu sebagai komponen dasar dan pembangkit.

Selanjutnya ada Rapid, yang merupakan campuran atau komponan Naphtol dan garam diazonium yang distabilkan. Untuk pewarnaan batik warna yang kerap dipakai adalah Rapid merah, karena warnanya yang cerah dan tidak ditemui pada zat pewarna lainnya.

Bahan pewarna yang ketiga yaitu Indigosol, yaitu zat pewarna yang memiliki ketahanan luntur yang cukup baik. Warnanya pun rata dan cerah.

Bahan pewarna ini sering digunakan pada proses pembuatan batik pada tahap pencelupan dan coletan. Warna yang ditimbulkan oleh pewarna sintetis Indigosol cenderung menghasilkan warna lembut atau pastel.

Itulah jenis pewarna batik alami dan sintetis yang perlu Anda tahu sebagai pengetahuan sebelum memutuskan berbelanja batik.

Tempat Belanja di Jogja Terlengkap

Anda tidak perlu bingung atau ragu lagi mencari tempat belanja oleh-oleh di Jogja. Salah satu tempat belanja di Jogja yang jadi andalan banyak wisatawan adalah Hamzah Batik.

Terkadang muncul keinginan wisatawan untuk dapat berbelanja oleh-oleh lengkap hanya di satu tempat. Karena biasanya wisatawan sudah lelah berjalan menelusuri tempat wisata di Jogja yang beragam.

Tiba waktu sebelum pulang adalah membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan berupa cinderamata yang unik dan tak biasa yang dijual di toko kebanyakan.

Jika Anda mencari batik yang unik dan klasik, sekaligus berburu oleh-oleh berupa cinderamata dan camilan jadul, tidak salah lagi jika Anda berkunjung di tempat belanja di Jogja satu ini.

Hamzah Batik menyediakan produk fashion dengan batik dan kombinasi batik, mulai dari baju, dress, kemeja, hem, beskap, outer, jaket, topi, tas, sepatu, sandal, serta ragam aksesoris lainnya.

Tak hanya batik, di lantai satu toko Hamzah Batik Malioboro juga terdapat outlet yang menyediakan aneka ragam produk kesehatan. Di antaranya, jamu-jamuan herbal, madu, aneka minyak herbal, dan lain sebagainya.

Di area dekat kasir lantai satu juga terdapat ragam oleh-oleh produk camilan jadul dan kekinian dengan kemasan yang unik. Sehingga semakin cocok sebagai buah tangan.

Jika anda mencari cinderamata berupa kerajinan khas Jogja, anda bisa naik ke lantai dua. Di sana terdapat beraneka ragam kerajinan yang terbuat dari kayu, rotan, bambu, fiber, hingga kulit.

Aneka kerajinan tersebut terdiri dari, hiasan meja berupa miniatur, lukisan, hiasan dinding, peralatan masak, aromatherapy, cincin, gelang, dompet, dan masih banyak lagi.

Dan yang jangan sampai anda lewatkan adalah menyaksikan sejumlah pertunjukan seni yang diadakan Hamzah Batik. Yaitu wayang Hanoman, Caos Dhahar, Permainan musik siter, Tari Klasik, Sabtu Kliwon, dan Raminten Cabaret Show.

Informasi Hamzah Batik Malioboro

Keseruan belanja batik di Hamzah Batik Malioboro.

Informasi lengkap dan ter-update jadwal pertunjukan seni Hamzah Batik Malioboro, bisa dengan me-follow Instagram @hamzahbatikofficial.

Adapun aksi atraksi tersebut di antaranya, chaos dhahar, sitter live music, tari klasik Jogja, Sendratari Sang Hanoman, Raminten Cabaret Show, Belajar Batik Asik, Sabtu Kliwon, dan lain sebagainya.

Untuk pemesanan tiket, khusus pertunjukan seni Sendratari Sang Hanoman dan Raminten Cabaret Show bisa dipesan online melalui website  shop.hamzahbatik.co.id. atau bisa menghubungi 08112544239 – 08112544245.

Selain bewisata belanja batik, di Hamzah Batik Anda juga bisa belanja oleh-oleh kekinian dan jadul, menikmati jamu gendong ala Raminten, aneka minuman kekinian dari Tupitu Kopi, wedang ronde, serta hidangan tradisional dan western yang ada di Raminten 3 Resto yang terletak di lantai 3 Hamzah Batik.

Untuk reservasi tempat Belajar Batik Asik regular dan paket rombongan khusus, bisa memesannya ke nomor: +6282146102332.

Hamzah Batik buka 24 jam mulai tanggal 23 hingga 30 Desember 2022, hadir sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja. Juga sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa. Diluar itu Hamzah Batik buka setiap hari pukul 08.00-24.00 WIB.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan. Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik yang kini buka 24 Jam untuk temani liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Anda di Yogyakarta.***

TAW.

Berita lainnya
crossmenu