Pedasnya Oleh-oleh Sambal’e Raminten Yang Nikmat

Hamzah Batik sebagai pusat oleh-oleh terbesar dan terlengkap terus bergerak menciptakan inovasi, salah satu produk yang dikeluarkan adalah Sambal’e Raminten, sebuah ikon oleh-oleh kuliner dari Yogyakarta, telah mencuri perhatian pencinta pedas di seluruh Indonesia. Namun, siapa sangka bahwa sambal ini juga bisa dihadirkan dengan variasi isian yang menggugah selera? Dalam artikel ini, mari kita telusuri kelezatan oleh-oleh Sambal’e Raminten dengan isian tuna, tongkol, teri Medan, teri jengki, dan bahkan bajak.

Sejarah Sambal’e Raminten

Sebelum membahas variasi oleh-oleh sambal Raminten, mari kita mengenal lebih dalam tentang Sambal Raminten itu sendiri. Sambal Raminten adalah sajian pedas khas Yogyakarta yang terkenal dengan perpaduan rempah-rempahnya yang khas dan cita rasa yang memikat. Disebutkan bahwa nama “Raminten” diambil dari seorang tokoh legendaris yang dikenal sebagai salah satu pembisnis rumah makan di Jogja yang terkenal dikalangan wisatawan Jogja maupun warga lokal Jogja karena cita rasa makanan dan suasana retaurantnya yang “nyentrik”.

Inovasi pada Sambal Raminten

Inovasi dalam kuliner selalu menarik untuk dieksplorasi. Begitu pula dengan variasi isian dalam Sambal’e Raminten. Berikut adalah beberapa jenis isian yang dapat menambah kenikmatan dari sambal yang sudah dikenal sebagai hidangan favorit banyak orang ini:

  1. Tuna: Tuna adalah tambahan yang lazat dan kaya akan protein dalam Sambal Raminten. Dengan dagingnya yang lembut, tuna memberikan dimensi baru dalam tekstur dan rasa sambal yang pedas ini.
  2. Tongkol: Tongkol, dengan cita rasa lautnya yang khas, memberikan sentuhan gurih yang menyatu sempurna dengan kepedasan Sambal Raminten. Potongan daging tongkol yang kenyal akan memperkaya setiap gigitan.
  3. Teri Medan: Teri Medan, terkenal akan rasa gurihnya, menambahkan sedikit asin yang menyegarkan ke dalam sambal yang pedas ini. Kombinasi yang menarik antara pedas dan gurih ini pasti akan memikat lidah Anda.
  4. Teri Jengki: Teri Jengki, yang memiliki ukuran lebih besar dari teri biasa, memberikan pengalaman mengunyah yang lebih mengenyangkan. Rasa gurihnya yang khas akan menyatu harmonis dengan cita rasa pedas Sambal Raminten.
  5. Bajak: Bajak, atau kerang darah, menambahkan nuansa laut yang lezat pada sambal ini. Tekstur kenyalnya memberikan sensasi baru yang memperkaya pengalaman kuliner Anda.

Menikmati Sambal’e Raminten

Menikmati variasi dari Sambal Raminten sangatlah mudah. Anda bisa menikmatinya sebagai pelengkap pada hampir seluruh hidangan makan Anda, seperti nasi putih, nasi telur, atau bahkan mie instant. Sambal ini juga cocok sebagai saus pada hidangan ikan bakar atau ayam goreng.

Tambahkan irisan tomat, mentimun, dan seledri segar untuk menyegarkan rasa pedasnya. Jangan lupa sedikit perasan jeruk nipis untuk menyempurnakan cita rasa.

Membeli Sambal’e Raminten

Anda dapat membeli Sambal’e Raminten di pusat oleh-oleh Jogja yaitu Hamzah Batik Malioboro secara langsung yang berlokasi di Jalan Malioboro. Atau jika Anda tidak dapat mengunjungi toko Hamzah Batik, Anda dapat memesan Sambal’e Raminten secara online melalui website Hamzah Batik, atau langsung menghubungi admin di 08112544239 atau di 08112544245. Jika Anda ada kendala atau ada kritik dan saran selama berbelanja di Hamzah Batik Malioboro, Anda dapat menghubungi Customer Service di WA  6281128293456 atau melalui email cs@hamzahbatik.co.id.

Kesimpulan

Sambal Raminten dengan beragam variasi isian seperti tuna, tongkol, teri Medan, teri jengki, dan bajak merupakan bukti dari inovasi tak terbatas Hamzah Batik sebagai pusat oleh-oleh Jogja. Dengan isian yang beragam bahan, sambal ini semakin memukau lidah pecinta pedas. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba variasi baru ini dan merasakan sensasi baru dari Sambal Raminten yang ikonik, jangan lupa ketik berwisata ke Jogja untuk membeli Sambal’e Raminten sebagai oleh-oleh Anda!