Logo Hamzah Batik

Tempat Belajar Batik Asik di Hamzah Batik Jogja, Belajar Sekaligus Wisata Berbudaya Jawa

Suasana belajar Batik Asik yang diikuti anak-anak lengkap dengan berbusana Jawa di Hamzah Batik Malioboro, Yogyakarta. (IG @hamzahbatikofficial)

Berwisata ke Jogja terkadang tidak hanya sekadar untuk melepas kepenatan atau mencari hiburan, melainkan memperluas pengetahuan budaya termasuk belajar batik.

Banyak orang datang ke Jogja untuk belajar batik, karena Yogyakarta merupakan salah satu kota produsen batik terbesar.

Belajar batik sudah sepatutnya senantiasa dilestarikan, karena batik sebagai salah satu Wastra Nusantara yang merupakan warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang diakui UNESCO.

Oleh karena itu pentingnya belajar batik bagi masyarakat Indonesia, apalagi belajar langsung di tempat produsen batik merupakan upaya pelestarian batik dari diri sendiri.

Lantas dimana tempat belajar batik yang bisa sekaligus wisata budaya Jogja? tentu hanya ada di Hamzah Batik Malioboro tempatnya.

Belajar Batik Sekaligus Wisata Budaya, Disini Tempatnya!

Belajar batik bukan hanya untuk orang dewasa saja, tetapi siapa saja bisa belajar membatik. Sebaiknya mulai dari anak-anak sudah mulai dikenalkan batik serta proses membuatnya.

Sebagai destinasi wisata belanja berbasis budaya Jawa, Hamzah Batik Malioboro menghadirkan ruang edukasi membatik yang diberi nama “Batik Asik”.

Kegiatan edukasi budaya ini mengajak pengunjung untuk praktik langsung membatik tulis dari proses mencanting sampai proses pencoletan atau pewarnaan.

Proses pembuatan batik sederhana ini tentunya sangat mudah dipraktikan bagi anak-anak mulai dari usia pra sekolah hingga orang dewasa pemula.

Belajar Batik Asik ini terdapat paket menarik yang ditawarkan dari Hamzah Batik Malioboro, yaitu:

Batik Asik Regular

Paket ini hadir setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Mulai dari Rp25 ribu, Anda sudah bisa belajar batik dengan pilihan media sapu tangan, totebag, topeng, dan talenan kayu.

Paket tersebut sudah termasuk edukasi proses membatik tulis yaitu mencanting, pewarnaan, dan hasil batik yang bisa langsung dibawa pulang.

Peserta Belajar Batik Asik sedang membatik pada media topeng. (IG @hamzahbatikofficial)

Batik Asik Reservasi

Paket belajar batik asik reservasi ini dibuka setiap Senin hingga Sabtu, dengan minimal 20 peserta.

Dengan pilihan media membatik mulai dari sapu tangan cukup Rp 50 ribu/orang, dan untuk totebag, topeng, dan talenan kayu Rp 60 ribu/orang.

Selain hasil batik yang bisa langsung dibawa pulang, anda juga akan mendapat foto langsung cetak 4R, berfoto dengan mengenakan busana adat Jawa, sertifikat membatik, dan juga merchandise menarik dari Hamzah Batik.

Informasi dan Reservasi

Belajar batik asik ini juga bisa sebagai acara sekolah dengan peserta mulai dari siswa siswi PAUD, Taman Kanak-Kanak, dan Sekolah Dasar.

Pihak sekolah bisa mengajak peserta didiknya untuk belajar membatik dengan suasana yang berbeda, yaitu di Hamzah Batik Malioboro, yang terletak di pusat wisata kota Yogyakarta.

Mari ajak anak-anak mengenal batik sejak dini, sebagai upaya pelestarian salah satu kekayaan budaya milik Indonesia yang diakui dunia, dengan mengikuti Belajar Batik Asik di Hamzah Batik.

Jika anda khawatir tidak mendapatkan slot Belajar Batik Asik di Hamzah Batik Malioboro, anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu ke nomor: +6282146102332.

Ragam Aksi Atraksi Budaya

Sebagai destinasi wisata belanja berbasis budaya Jawa, selain bisa belajar batik asik, wisatawan juga bisa menyaksikan ragam aksi atraksi budaya Jawa hanya dalam satu tempat, yaitu di Hamzah Batik Malioboro.

Ragam aksi atraksi budaya tersebut di antaranya, sendratari Sang Hanoman, Raminten Cabaret Show, Tari Klasik Jogja, Sabtu Kliwon, Caos Dhahar, Live Musik Sitter, dan lain sebagainya.

Fasilitas Lengkap

Selain menawarkan pusat belanja pusat batik, oleh-oleh, dan cinderamata khas Jogja, Hamzah Batik juga memiliki resto di lantai 3. Yaitu Raminten 3 Resto, yang menyajikan menu Jawa dan Western dengan nama-nama menu yang unik.

Fasilitas lain yang ada di Gedung Hamzah Batik juga terdapat fasilitas ruang tunggu, musala, dan ruangan ber-AC. Menjadi tempat yang nyaman saat anda menunggu keluarga yang tengah berbelanja.

Tentunya hal ini dapat menambah kenyamanan pengunjung saat berbelanja atau sekadar berwisata berlama-lama di Hamzah Batik Malioboro.

Nostalgia Menyeruput Jamu Gendong di Bathok Kelapa

Bagi anda pecinta minuman jamu tradisional, di Hamzah Batik juga terdapat jamu gendong tradisional khas Raminten yang bisa dinikmati secara langsung. Dengan harga Rp3000 anda bisa merasakan segarnya jamu gendong yang disajikan dalam bathok kelapa.

Adapun varian jamu gendong khas Raminten yang ditawarkan terdiri dari, kunir asem, beras kencur, brotowali, dan lainnya.

Jamu gendong Raminten dibuat dengan bahan-bahan herbal yang bisa menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Dimana lagi kamu bisa berbelanja sambil mencoba jamu gendong yang berkhasiat ini.

Pastikan Berkunjung ke Hamzah Batik

Wisata belanja berbasis budaya Jawa hanya di Hamzah Batik Malioboro.
Hamzah Batik juga menjual aneka souvenir atau merchandise atau cinderamata khas Jogja yang lengkap dan beragam.

Begitu lengkap pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan Hamzah Batik kepada para wisatawan hanya dalam satu tempat yang nyaman. Pastikan anda tidak melewatkan berkunjung ke Hamzah Batik. Tidak lengkap rasanya jika ke Jogja tanpa mampir ke Hamzah Batik.

Untuk informasi lengkap dan jadwal pertunjukan seni tersebut, anda bisa memfollow Instagram @hamzahbatikofficial.

Untuk pemesanan tiket, khusus pertunjukan seni Sendratari Sang Hanoman dan Raminten Cabaret Show bisa dipesan online melalui website shop.hamzahbatik.co.id. atau bisa menghubungi 08112544239 – 08112544245.

Hamzah Batik Malioboro buka setiap hari pukul 08.00-24.00 WIB ini hadir sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja. Juga sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan.

Puas belanja oleh oleh khas Yogyakarta, sekaligus Belajar Batik Asik, dimana lagi kalau bukan di Hamzah Batik Malioboro. Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro.***

TAW.

Berita lainnya
crossmenu