Logo Hamzah Batik

Hari UMKM Nasional, Hamzah Batik Gelar Pasar Djadoel Raminten di Sabtu Kliwon

Tema Sabtu Kliwon bulan ini adalah "Pasar Djadoel Raminten bersama UMKM" karena bertepatan dengan peringatan Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus 2023.

Memperingati hari UMKM Nasional di Sabtu Kliwon banyak kegiatan yang diselenggarakan.

Selain aksi atraksi budaya Jawa yang dinanti para wisatawan, juga menampilkan suatu yang berbeda dari gelaran Sabtu Kliwon biasanya.

Di Sabtu Kliwon kali ini yang bertepatan dengan Hari UMKM Nasional, Hamzah Batik mengundang pada mitra UMKM yang memiliki produk jajanan djadoel untuk dijajakan di pelataran Hamzah Batik Malioboro selama Sabtu Kliwon berlangsung.

Tidak hanya itu, namun ada juga edukasi dari UMKM yang bermitra dengan Hamzah Batik terkait produk-produk andalannya.

Hari UMKM Nasional Hamzah Batik Gelar Pasar Djadoel Raminten

Sesuai dengan tema yang diusung yaitu Pasar Djadoel Raminten, mengajak UMKM yang memiliki produk jajanan tradisional khas yang djadoel untuk turut serta.

Adapun UMKM yang turut serta di antaranya; UMKM Wedang Uwuh dan Wedang Telang, UMKM Jajanan Djadoel yaitu Mi Lethek, Lempeng Juruh, Gatot, Tiwul, Gethuk, Cenil, Gulali, Limun, dan lain sebagainya.

Selain jajanan, adapula UMKM yang memiliki produk kerajinan, yaitu UMKM Batik Ecoprint Prajan yang memberikan edukasi kepada setiap wisatawan yang datang terkait kerajinan batik ecoprint.

Adapun susunan acara Sabtu Kliwon adalah sebagai berikut:
● Live Angklung Malioboro @angklungsatriajogja
● Gratis Edukasi Batik Asik
● Gratis Jamu Gendong Raminten
● Gratis Edukasi bersama UMKM : Batik Ecoprint Prajan
● Gratis Pasar Djadoel Raminten bersama UMKM
● Donor Darah bersama PMI
● Prosesi Bancakan Tumpeng
● Games Pitulasan : Makan kerupuk, memasukkan pulpen dalam botol & gantung keranjang
● Perform Tari & Flashmob : Tari Suko Ing Konco, Tari Kipas Manunggal & Tari Globalisasi Jatilan dari Sanggar Tari Kenyo Cengkir serta Tari Nusantara

Sabtu Kliwon peringatan Hari UMKM Nasional yang mengusung tema Pasar Djadoel ini pun sangat menarik minat setiap pengunjung atau wisatawan yang melintas di Kawasan Malioboro untuk berhenti dan mencicipi jajanan djadoel yang dijajakan di pelataran Hamzah Batik.

Gelaran aksi atraksi budaya Jawa ini pun dibuka mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB dan menarik setiap pengunjung yang melintas.

Seperti biasa, gelaran wisata berbudaya Hamzah Batik ‘Sabtu Kliwon’ ini diselenggarakan di pelataran Hamzah Batik Malioboro. Yaitu di Jl. Margo Mulyo tepatnya di sisi barat trotoar Malioboro.

Setiap wisatawan yang melintas pun penasaran dan turut mencicipi aneka jajanan dan singgah di stand batik ecoprint untuk belajar atau sekadar mengetahui proses ecoprint.

Hamzah Batik menginisiasi gelaran Pasar Djadoel ini untuk kembali mengunggah semangat para pelancong untuk mengenal jajanan tradisional yang kini semakin sulit dijumpai.

Para wisatawan berbagai usia nampak sangat antusias dalam memeriahkan stand-stand jajanan dan mencicipi satu per satu jajanan yang tersedia. Salah satunya mi lethek yang mungkin saat ini hanya bisa ditemui di pasar tradisional di Yogyakarta.

Karena diketahui, mi lethek ini merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Srandakan, Bantul, Yogyakarta.

Mi Lethek sendiri memiliki proses pembuatan yang masih manual dan berbeda dari pembuatan mi pada umumnya atau pabrikan.

Mi Lethek berbahan dasar dari tepung tapioka yang diperoleh dari bahan dasar singkong. Disebut lethek karena mi ini memiliki warna yang keruh keabuan yang kurang menarik. Meski demikian mi ini tanpa bahan pengawet atau campuran bahan kimia lainnya.

Adonan mi lethek ini pun dibuat masih dengan cara yang tradisional, salah satu proses penggilingan adonan menggunakan tenaga sapi.

Tempat Wisata Belanja Berbasis Budaya Jawa

Hamzah Batik terus berkomitmen dalam memberikan suguhan dan pengenalan budaya asli Yogyakarta pada wisatawan domestik bahkan mancanegara yang digelar terus menerus.

Dengan demikian, akan semakin mampu dalam upaya memperkuat identitas Yogyakarta sebagai kota budaya.

Hamzah Batik Malioboro buka mulai pukul 07.00 hingga 24.00 WIB ini, mengajak wisatawan tidak hanya sekadar berwisata belanja, tetapi juga belajar budaya Jawa.

Setiap hari bahkan setiap bulannya Hamzah Batik Malioboro memiliki jadwal rutin untuk menggelar ragam aksi atraksi pertunjukan seni di dalam Gedung maupun di pelataran Gedung Hamzah Batik Malioboro.

Ragam pertunjukan seni yang dapat disaksikan Agustus 2023 ini di antaranya; Raminten Cabaret Show, Tari Klasik Jogja, Caos Dhahar, Sabtu Kliwon, Live Musik Sitter, dan lain sebagainya.

Anda pun tidak perlu bingung lagi mencari hiburan yang mengesankan selama berlibur di Jogja. Karena cukup datang di Hamzah Batik Malioboro dan akan mendapatkan ragam wisata dalam satu tempat.

Informasi lengkap dan ter-update jadwal pertunjukan seni Hamzah Batik Malioboro, bisa dengan mem-follow Instagram @hamzahbatikofficial.

Untuk pemesanan tiket, khusus pertunjukan seni Sendratari Sang Hanoman dan Raminten Cabaret Show bisa dipesan online melalui 08112544239 – 08112544245.

Hamzah Batik Malioboro hadir sebagai pusat oleh-oleh di Jogja terlengkap. Juga sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan. Puas berwisata budaya yang mengedukasi dengan sajian Pasar Djadoel Raminten di hari UMKM Nasional di Sabtu Klwion, puas juga belanja oleh-oleh, karena ada banyak promo belanja menarik selama Agustus 2023, dimana lagi kalau bukan di Hamzah Batik Malioboro. Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro.***

Berita lainnya
crossmenu