Logo Hamzah Batik

Usung Tema “Wastra Nusantara” Wisata Berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik Berhasil Tarik Antusias Wisatawan Mancanegara

wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik Malioboro pada Sabtu 5 November 2022 mengusung tema Wastra Nusantara.
Wisata berbudaya Sabtu Kliwon persembahan Hamzah Batik Malioboro pada Sabtu 5 November 2022 mengusung tema "Wastra Nusantara".

Wisata Berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik yang diselenggarakan di Malioboro pada Sabtu (5/11/2022) kemarin berlangsung sangat meriah dan disaksikan wisatawan lokal hingga mancanegara.

Berbeda dari Sabtu Kliwon sebelumnya, kali ini wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik Malioboro mengusung tema “Wastra Nusantara”.

Acara dimulai dengan arak-arakan tumpeng yang dikawal oleh Bergada Prajurit, selanjutnya prosesi doa bersama yang juga diikuti seluruh peserta wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik, dan rayahan tumpeng berisi nasi, lauk pauk, sayur mayur yang juga menjadi ciri khas ketika seseorang memperingati hari lahir Jawanya.

Adapun serangkaian acara yang berbeda adalah adanya lomba mengenakan dan menggulung stagen serta mewiru kain jarik batik. Peserta yang mengikuti perlombaan tersebut tidak hanya wisatawan lokal, melainkan wisatawan manca negara misalnya dari Inggris pun turut antusias akan perlombaan ini.

Diketahui, stagen adalah kain dengan panjang 5 sampai 10 meter yang digunakan sebagai lilit atau pengencang atau pengikat yang dikenakan di pinggang ketika memakai kain jarik agar kencang dan rapi.

Selain, itu lomba mewiru kain batik yang diadakan bertujuan untuk memperkenalkan cara mewiru yang benar. Terdapat perbedaan penggunaan kain wiru jarik bagi laki-laki dan perempuan. Wiru pada kain batik yang dikenakan laki-laki dengan ketentuan lebar wiruan sekitar 3 jari orang dewasa. Sedangkan wiru kain batik untuk perempuan berukuran 1 jari.

Wiru kain yang diperuntukkan laki-laki berjumlah 5 dan lipatan berikutnya dengan jumlah ganjil dan wiruan kain di sebelah kiri. Sedangkan untuk perempuan ada di sebelah kanan.

Mewiru kain batik antara Jogja dan Solo pun memiliki perbedaan, misalnya Jogja yang diperlihatkan batas kain putihnya. Sedangkan untuk Solo kain batas putih dilipat ke dalam wiru kain.

Dikemas dalam sebuah perlombaan, Hamzah Batik berharap agar setiap pengunjung merasa senang dan tertarik untuk terlibat dan mencoba mewiru kain. Hal tersebut sekaligu sebagai upaya pelestarian budaya terhadap kain batik.

Dalam fashion street wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik kali ini juga berbeda dari sebelumnya, yaitu tak hanya menampilkan Wastra Nusantara dari Jawa saja melainkan juga ragam busana daerah dari Bali, Batak, Padang, Palembang, Kalimantan, dan Sulawesi.

Hal tersebut guna memperkenalkan kepada khalayak bahwa Wastra Nusantara tak hanya kain batik dan tenun dari Jawa saja, melainkan ragam kain khas yang dimiliki setiap daerah di Indonesia.

Serangkaian acara Sabtu Kliwon yang dimulai sejak pukul 11.00 hingga 17.00 WIB itu juga menampilkan arak-arakan tumpeng, caos dhahar, minum jamu gendong by Raminten gratis, tari-tarian, Tari Tor-tor Sinanggar Tullo, live music sitter, klothekan dan flashmobe atau joget bareng yang mengajak siapa saja yang hadir di teras Gedung Hamzah Batik Malioboro untuk turut serta.

Event Sabtu Kliwon Hamzah Batik ini memang disajikan untuk menjadi tontonan gratis dan edukatif bagi wisatawan yang ada di Kawasan Malioboro terutama yang berkunjung di Hamzah Batik Malioboro.

Selain memberikan hiburan, gelar wisata berbudaya ini sebagai upaya memperkenalkan, melestarikan tradisi budaya yang dimiliki Indonesia.

Di Sabtu Kliwon Hamzah Batik ada edukasi membatik yang bisa diikuti anak-anak hingga orang dewasa secara gratis.

Mengapa Sabtu Kliwon?

Ya, mengapa Sabtu Kliwon tidak hari yang lain? Pertanyaan ini kerap muncul setiap orang yang penasaran akan wisata berbudaya Hamzah Batik ini.

Sekadar informasi, bahwa Sabtu Kliwon merupakan weton Jawa kelahiran Kanjeng Nindyo Hamzah Sulaiman. Beliau adalah pendiri Hamzah Batik yang lahir pada Sabtu Kliwon, 7 Januari 1950.

Seseorang yang lahir pada Sabtu Kliwon memiliki watak Lakuning Bumi yang bermakna selalu memberi atau menolong orang lain tanpa meminta balasan apapun.

Itulah mengapa Sabtu Kliwon dijadikan momentum untuk menggelar wisata berbudaya yang menampilkan ragam aksi atraksi budaya khususnya Jawa oleh Hamzah Batik.

Gelaran wisata berbudaya Sabtu Kliwon persembahan Hamzah Batik ini diharapkan mampu memberikan suguhan dan pengenalan budaya asli Yogyakarta pada wisatawan domestik maupun mancanegara yang dapat digelar secara rutin. Sehingga semakin mampu memperkuat identitas Yogyakarta sebagai kota budaya.

Hamzah Batik Malioboro yang buka mulai pukul 08.00 hingga 24.00 WIB ini, mengajak wisatawan tidak hanya sekadar berwisata belanja, tetapi juga belajar budaya Jawa.

Promo Belanja Menarik Selama November

Naik andong keliling Jogja bisa anda nikmati dengan memanfaatkan promo belanja menarik dari Hamzah Batik.

Jangan lupa mampir ke Hamzah Batik Malioboro karena selama November 2022 ini ada Promo Belanja Menarik.

Dengan promo belanja menarik dari Hamzah Batik, Anda bisa memanfaatkan untuk memborong produk-produk berkualitas Hamzah Batik Malioboro.

Mulai dari oleh-oleh berupa aneka fashion batik lengkap, pernak pernik souvenir unik, jajanan jadul, aneka jamu herbal dan produk berkualitas lainnya.

Adapun benefit yang akan didapatkan dalam promo belanja menarik Hamzah Batik yaitu, mendapatkan payung cantik, naik andong wisata, tebus murah di 11.11, potongan harga, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut dan up to date Anda bisa memfollow Instagram @hamzahbatikofficial atau @shop.hamzahbatik atau bisa menghubungi 08112544239 – 08112544245.

Jangan lewatkan gelaran wisata berbudaya Sabtu Kliwon Hamzah Batik selanjutnya dengan tema menarik dan menyajikan aksi dan atraksi budaya yang selalu dirindukan untuk disaksikan ketika berlibur di kota Jogja istimewa.***

Berita lainnya
crossmenu