Logo Hamzah Batik

Bapkia Raminten, Oleh Oleh Khas Yogyakarta yang Lezat dan Melegenda

oleh oleh khas Yogyakarta Bakpia Raminten
Bakpia Raminten menjadi oleh oleh khas Yogyakarta yang lezat dan melegenda. (IG @bakpiaraminten)

Bakpia menjadi kuliner khas yang paling sering dijadikan oleh oleh khas Yogyakarta bagi para wisatawan yang mampir ke kota istimewa ini.

Selain gudeg, bakpia menjadi pilihan oleh oleh khas Yogyakarta yang paling diburu karena lebih praktis dibawa dan umumnya lebih awet serta tahan lama.

Karena alasan tersebutlah sehingga bakpia menjadi oleh oleh khas Yogyakarta yang popular dan pada perkembangannya telah banyak melakukan inovasi rasa pada isiannya.

Menurut sejarahnya, oleh oleh khas Yogyakarta ini berasal dari negeri Tiongkok yang kemudian diperkenalkan di Yogyakarta pada abad ke 20 dengan nama Tou Luk Pia yang memiliki arti kue kacang hijau.

Karena memang bakpia asli hanya berisi kacang hijau. Namun pada perkembangannya banyak produsen atau pengusaha bakpia membuat inovasi varian rasa, misalnya coklat, dan keju.

Dahulu, bakpia di Jogja diperjual belikan tanpa merek dan menggunakan kemasan besek. Kemudian berkembang dengan beragam kemasan dan merek yang identik dengan angka di belakang nama bakpia, termasuk bakpia Raminten.

Bakpia Raminten Jadi Pilihan Oleh Oleh Khas Yogyakarta

Raminten sebagai salah satu branding kuliner ternama di Jogja, yang juga memproduksi bakpia dengan nama Bakpia Raminten.

Jika merek bakpia lain berlomba untuk menawarkan produk bakpia dengan ukuran besar, berbeda dengan Bakpia Raminten yang justru bangga menonjolkan kemungilannya sebagai ciri khas.

Bakpia dengan ukuran mini, imut, enak, dan lezat ini hadir dengan kemasan yang unik dan berkarakter membawa ikon Raminten.

Bakpia Raminten ini bisa ditemukan di outlet resminya yaitu di Hamzah Batik Malioboro, Hamzah Batik Kaliurang, Raminten Boutique Kaliurang, dan The House Raminten Kota Baru. 

Sebelum membeli, serunya adalah customer ditawari untuk mencicipi terlebih dahulu aneka varian rasa Bakpia Raminten yang disediakan di stand yang berada di 4 lokasi di atas.

Selain tidak pelit untuk memberikan icip-icip kepada calon pembeli, penjaga outlet Bakpia Raminten juga selalu menawarkan keramahan serta promo menarik.

Oleh oleh khas Yogyakarta ini juga dibuat dari bahan-bahan pilihan dan berkualitas yang diproses secara higienis, sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat.

Bakpia Raminten menjadi oleh oleh khas Yogyakarta yang memilki keistimewaan rasa dibalik balutan kulit yang renyah.

Varian Rasa yang Beragam

Bakpia Raminten dengan aneka rasa dalam isian dan ukuran. (IG @bakpiaraminten)

Hadir dalam rasa coklat, keju, kacang hijau, dan ubi ungu, produk Bakpia Raminten hadir dalam bentuk yang imut dan sekali lahap. Itulah yang menjadi ciri khas dari Bakpia Raminten ini.

Namun pada perkembangannya, setelah sekian lama bertahan dengan bentuk mungilnya, Bakpia Raminten kemudian hadir juga dengan ukuran bakpia normal yang dijuluki bakpia “sudah gedhe”.

Meski ukuran berbeda, namun rasa dan kualitas tetap sama. Bakpia Raminten juga telah mengantongi legalitas produk Dep Kes RI P-IRT 306347101171.

Bakpia Raminten yang memiliki varian rasa coklat, keju, kacang hijau, durian, dan ubi ungu ini berjenis bakpia kering sehingga memiliki ketahanan yang cukup panjang yaitu 14 hari.

Untuk tiap 1 box-nya Bakpia Raminten berisi 20 pcs yang dibanderol dengan harga Rp 29 ribu untuk bakpia unyil dan Rp 47 ribu untuk bakpia ukuran normal.

Sejarah Bakpia

Dikutip dari Wikipedia, bakpia adalah kue pastry asal Fujian yang berupa gulungan tepung panggang dengan beragam isi.

Kulit bakpia dibuat dengan campuran gula dan garam yang diaduk dalam air hingga larut, lalu dibentuk menjadi adonan dengan menambahkan tepung terigu.

Bakpia kini tidak hanya berisi kacang hijau sebagaimana pertama kali ia muncul sebagai makanan khas dari Jogja yang biasa sebagai oleh-oleh.

Pada perkembangannya, bakpia kini memiliki varian isian rasa yang beragam, di antaranya kumbu hitam, keju, coklat, durian, coklat kacang, nanas, ubi ungu, dan lain sebagainya.

Bahkan untuk bersaing pada ragam jenis camilan kekinian, produsen maupun pengusaha bakpia berinovasi menambah varian rasa seperti rasa moca, cappuccino, kopi, dan bahkan ada produsen yang membuat bakpia kukus.

Sebagai makanan tradisional khas Yogyakarta, bakpia menjadi daya tarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Setiap musim liburan tiba, misalnya saja liburan sekolah, libur lebaran, maupun libur natal dan tahun baru, mengakibatkan meningkatnya jumlah wisatawan datang ke Jogja. Hal tersebut membuat para produsen bakpia kebanjiran pesanan.

Bagi Anda yang ingin bakpia yang berbeda, Bakpia Raminten bisa menjadi pilihan dengan berbagai macam oleh-oleh dan camilan yang ada di Yogyakarta.

Bakpia Raminten tersedia dalam berbagai ukuran dan pilihan rasa yang bisa diorder, ada juga bakpia ubi ungu yang pastinya harus dicoba.

Bagi anda yang sedang merindukan oleh-oleh khas Jogja berupa bakpia, Bakpia Raminten bisa menjadi pilihan oleh-oleh bakpia premium dengan kemasan yang unik.

Selain rasa coklat, keju dan kacang hijau, Bakpia Raminten juga membuat varian inovasi baru dengan rasa bakpia ubi ungu.

Hamzah Batik Malioboro

Selain Bakpia Raminten yang bisa anda temui di Hamzah Batik Malioboro, anda juga bisa belanja oleh oleh khas Yogyakarta lainnya. Misalnya saja ragam batik, cinderamata unik, oleh-oleh camilan jadul, aneka jamu dan minyak herbal, dan aneka kerajinan lainnya.

Selain dipuaskan dengan belanja oleh oleh khas Yogyakarta, anda juga akan disuguhkan ragam aksi atraksi budaya Jawa di Hamzah Batik Malioboro. Di antaranya, Sendratari Sang Hanoman, Raminten Cabaret Show, Tari Klasik Jogja, Sabtu Kliwon, Caos Dhahar, Live Musik Siter, dan lain-lain.

Informasi lengkap dan ter-update jadwal pertunjukan seni Hamzah Batik Malioboro, bisa dengan memfollow Instagram @hamzahbatikofficial.

Untuk pemesanan tiket, khusus pertunjukan seni Sendratari Sang Hanoman dan Raminten Cabaret Show bisa dipesan online melalui website shop.hamzahbatik.co.id atau bisa menghubungi 08112544239 – 08112544245.

Hamzah Batik Malioboro buka setiap hari pukul 08.00-24.00 WIB ini hadir sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja. Juga sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa.

Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan. Puas belanja oleh oleh khas Yogyakarta, dimana lagi kalau bukan di Hamzah Batik Malioboro. Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro.***

Berita lainnya
crossmenu