6 Tips Merawat Pakaian dari Tenun Ikat Agar Awet dan Tidak Bau Apek

tips merawat pakaian
Tidak seperti perawatan kain jenis lainnya, Anda membutuhkan tips merawat pakaian dari tenun ikat. Anda tidak perlu terlalu sering mencucinya, cukup satu bulan sekali saja tujuannya hanya untuk menghilangkan keringat dan bau apek. Tenun merupakan salah satu jenis kain ciri khas Indonesia yang dicintai masyarakat hingga ke mancanegara. Sehingga tips merawat pakaian dari tenun ikat ini pun semakin banyak yang mempelajari. Kini penggunaan kain tenun pun semakin berkembang, Anda juga bisa menggunakannya sehari-hari. Tips merawat pakaian dari tenun ikat tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya di rumah. Kain tenun merupakan salah satu wastra nusantara yang berbeda dengan jenis kain pada umumnya, sehingga membutuhkan perawatan khusus. Tips merawat pakaian dari tenun ikat ini bertujuan agar tidak cepat rusak serta untuk menghilangkan debu yang menempel. Pakaian tenun ikat terbuat dari kain tenun yang diperoleh dari proses penenunan dengan bahan dasar benang hasil pemintalan dari kapas. Alat menenun yang digunakan pengrajin pun masih tradisional. Kemudian benang hasil pemintalan dicelupkan pada bahan pewarna alami yang diambil dari akar atau daun dari pohon tertentu. Hasil tenunan tersebut tidak hanya berupa pakaian, tapi juga selendang, sarung dan selimut. Bahannya yang khusus tersebut juga membutuhkan perawatan yang khusus pula. tips merawat pakaian

Tips Merawat Pakaian dari Tenun Ikat

Pakaian dengan sentuhan tenun ikat memang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Ada hal penting yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan keawetannya. Perhatikan tips merawat pakaian dari tenun ikat berikut ini agar kain tenun Anda tetap awet :
  1. Bedakan Cara Mencuci 
Anda harus membedakan cara mencuci pakaian dari tenun ikat dengan jenis pakaian lainnya. Pilihlah sabun lembut yang dicampur air biasa, lalu celup-celupkan kain hingga basah. Hindari deterjen cair yang memiliki formula rendah bahan kimia maupun lerak. Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk batik atau shampoo bayi. Pencucian ini dilakukan setelah pemakaian untuk menghilangkan keringat dan bau apek. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika mencuci pakaian tenun ikat, antara lain :
  • Tidak diperbolehkan untuk mengucek, memeras maupun memelintir kain tenun.
  • Hindari penggunaan air panas.
  • Jangan menggunakan deterjen bubuk karena bisa menempel yang bisa menyebabkan kerusakan pada serat kain.
  • Tidak boleh menggunakan mesin cuci karena bisa merusak bentuk asli kain. Lebih baik Anda menggunakan teknik dry clean, namun untuk biayanya memang lebih mahal.
Pakaian tenun bisa digolongkan jenis khusus, sehingga cara-cara tersebut perlu dihindari agar tidak merusak tampilan estetika kain tenun. Apalagi jika teknik pewarnaannya secara alami, maka warna akan lebih cepat rusak jika tidak memperlakukannya dengan tepat.
  1. Hindari Sinar Matahari Langsung
Tips merawat pakaian dari tenun ikat membutuhkan trik khusus yang juga berbeda dengan perlakukan pada jenis pakaian lainnya. Anda bisa menjemur pakaian dari tenun dengan mengurut dari bagian atas hingga ke bawah kain. Kemudian kibaskan pakaian untuk membuat air pada pakaian menjadi surut. Tujuan teknik ini untuk menghindari agar kain tidak kusut setelah kering. Disarankan untuk menghindari jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung agar warna tidak cepat pudar. Anda bisa menjemur pakaian tenun di tempat yang teduh, karena pengeringan yang hanya mengandalkan angin saja. tips merawat pakaian tenun
  1. Gunakan Lapisan Saat Menyeterika
Anda bisa menggunakan lapisan kertas atau kain saat hendak menyeterika kain tenun. Tujuannya agar plat pada setrika tidak menyentuh pada permukaan kain secara langsung. Jangan lupa mengatur suhu agar tidak terlalu panas. Anda perlu menjaga warna pakaian tenun supaya tetap natural atau tidak pudar.
  1. Jangan Simpan dengan Melipat
Perlakuan khusus pada pakaian tenun berikutnya, disarankan untuk tidak melipat saat menyimpannya. Anda bisa menggunakan hanger lalu menggantungnya di lemari. Sehingga pakaian tenun Anda akan bertahan lebih lama.
  1. Simpan di Lemari yang Kering
Tempat lembab akan menimbulkan bau yang disebabkan oleh jamur. Sebaiknya Anda menyimpan pakaian tenun pada lemari yang kering. Jangan lupa untuk meletakkan pengharum ruangan alami seperti cengkeh atau biji merica, agar pakaian tenun Anda tetap terjaga keistimewaannya.
  1. Sesekali Keluarkan dari Lemari
Untuk menghindari pakaian tenun berada di tempat lembab, sesekali Anda perlu mengeluarkannya sebentar untuk diangin-anginkan. Anda tidak perlu menjemur, hanya perlu menggantungnya di tempat terbuka. Selain itu, Anda bisa membuka lemari pakaian yang digunakan untuk menyimpan pakaian tenun ikat agar sirkulasi udara tetap terjaga. Tujuannya agar lemari pakaian Anda tidak berubah menjadi lembab. Tips merawat pakaian dari tenun ikat bisa dilakukan siapa saja. Anda juga mengerjakannya sendiri di rumah. Tidak perlu khawatir lagi untuk merawat pakaian tenun ikat Anda di rumah. Lakukan beberapa tips di atas, maka pakaian tenun ikat Anda akan terjaga keawetannya. variasi pakaian tenun Temukan beragam produk UMKM berupa kain tenun yang berkualitas hanya di Hamzah Batik Malioboro yang buka hingga pukul 00:00 WIB. Hamzah Batik menyediakan ragam Wastra Nusantara yaitu kain batik, kain lurik, dan kain tenun baik yang masih dalam lembaran kain maupun sudah menjadi produk pakaian jadi. Baik berupa pakaian wanita, pria dan anak, tas, sandal, sepatu, topi, belt, dan lain sebagainya yang bisa Anda padu padankan dengan gaya fashion sehari-hari. Hamzah Batik Malioboro buka setiap hari hadir sebagai pusat oleh-oleh terlengkap di Jogja. Juga sebagai pusat aksi, atraksi, dan edukasi budaya Jawa. Hamzah Batik terus berkomitmen menjadi tempat wisata budaya sekaligus belanja di Jogja yang bisa menjadi destinasi wisata andalan para wisatawan. Hamzah Batik sebagai pusat oleh-oleh khas Yogyakarta, sekaligus Belajar Batik Asik. Kami nantikan kunjungan Anda di Hamzah Batik Malioboro. Apalagi selama Januari 2023 ini sedang berlangsung promo belanja menarik. Anda juga bisa melakukan belanja online produk Hamzah Batik melalui shop.hamzahbatik.co.id atau menghubungi ke nomor 08112544239 – 08112544245. Puas belanja kain